July 02, 2024

Kopi Gayo Kebanggaan Aceh Setara Dengan Kopi Kelas Dunia

Aceh merupakan salah satu destinasi populer di Pulau Sumatra yang terkenal akan berbagai tempat wisata, kuliner, hingga budaya khas lokal yang menjadikannya populer di kalangan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Tentu bagi para wisatawan yang telah berkunjung pastinya tak lupa untuk selalu membeli oleh-oleh, salah satu oleh-oleh khas Aceh yang terfavorit adalah Kopi Gayo.

Kopi Gayo bak permata dari Aceh dengan segala keunikannya menjadikan Kopi Gayo sering mendapatkan penghargaan internasional dan diakui oleh para pecinta kopi di seluruh dunia. Tidak heran apabila mengunjungi Aceh akan menemukan berbagai kedai kopi di pagi, siang, hingga malam hari.

Kopi Gayo bukan hanya sekadar minuman biasa, melainkan adalah salah satu bagian dari budaya dan identitas masyarakat Aceh. Dengan cita rasanya yang unik dan kualitas yang diakui dunia, Kopi Gayo adalah pilihan terbaik sebagai kenang-kenangan wisata ke Aceh maupun oleh-oleh untuk orang-orang di sekitar kita yang tercinta.

Asal-Usul Kopi Gayo

Secara historis, Kopi Gayo adalah salah satu kopi jenis Arabika yang berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh Tengah yang rata-rata berada pada ketinggian 1.000 hingga 1.200 mdpl, yang terkenal akan tanah vulkaniknya yang subur dan iklim pegunungan yang ideal untuk perkebunan kopi. Lokasinya berada di sekitar kota Takengon dan dekat dengan Danau Laut Tawar. Awalnya, kopi pertama kali diperkenalkan ke Aceh oleh Belanda pada abad ke-18 melalui penjajahan. Cara budidaya Kopi Gayo pun telah lama menjadi kearifan lokal yang diwariskan generasi demi generasi para petani kopi untuk menjaga kualitas dan keaslian Kopi Gayo sebagai komoditas utama yang dihasilkan oleh masyarakat Aceh yang unggul dalam pasar Indonesia hingga pasar global.

Cita Rasa dan Karakter Kopi Gayo

Kopi Gayo memiliki cita rasa yang khas dengan karakteristik asam yang rendah dan aroma yang kuat. Rasanya yang kompleks dan seimbang seringkali menghadirkan sentuhan manis dan rasa rempah yang lembut. Inilah yang membuat Kopi Gayo banyak diminati oleh para penikmat kopi di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Kopi ini sering diolah dengan metode semi-washed yang memberikan keunikan tersendiri pada cita rasanya dan dijadikan sebagai campuran house blend.

Prestasi dan Penghargaan

Di tahun 2018, tepatnya tanggal 19-22 April 2018, Kopi Gayo turut dipromosikan dalam ajang pameran kopi specialty terbesar, yaitu Specialty Coffee Association (SCA) Coffee Expo di Seattle, Amerika Serikat di mana Kopi Gayo terpilih sebagai sasaran Trade and Private Sector Assistance (TPSA) Project karena memiliki potensi kuat untuk diekspor ke pasar Kanada. Selain itu, Kopi Gayo juga ikut serta dalam coffee tasting Kopi Spesial Indonesia di Buenos Aires, Argentina pada 24 Mei 2018 lalu.

Tahun 2010, kopi ini juga mendapatkan Fair Trade Certified dari International Fair Trade Organitation dan nominasi The Best no. 1 dari International Conference on Coffee Science.

Asuransi Sinar Mas ada juga di Kota Lhoksemauwe dan Banda Aceh! Yuk kunjungi Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Lhokseumawe dan Asuransi Sinar Mas Syariah Banda Aceh Disini.

1. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Lhokseumawe

2. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Unit Usaha Syariah Lhokseumawe

3. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Lhokseumawe

Sumber: kompasiana.com, coffeeland.co.id, sasamecoffee.com, goodnewsfromindonesia.id