Bootstrap

FAQ

Apa yang paling sering ditanyakan tentang Asuransi Sinar Mas?

Asuransi Kredit

Apakah definisi asuransi kredit ?

Asuransi kredit adalah proteksi yang diberikan oleh Asuransi kepada Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan atas risiko kegagalan Debitur di dalam melunasi fasilitas kredit atau pinjaman tunai (cash loan) seperti kredit modal kerja, kredit perdagangan dan lain-lain yang diberikan oleh Bank Umum/Lembaga Pembiayaan Keuangan.

Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk

Apakah perbedaan dari Polis Asuransi Kebakaran dengan Polis Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk ?

Di dalam Polis Asuransi Kebakaran disebutkan risiko-risiko apa saja yang dijamin secara spesifik, yaitu :

  1. Risiko utama (main coverage) : Fire (kebakaran) , Lightning (Petir), Explosion (Ledakan), Impact of Aircraft (Kejatuhan Pesawat Terbang) dan Smoke biasa disingkat dengan Flexasà(Asap)
  2. Risiko perluasan (extended coverage) : seperti Kerusuhan (RSMD), Banjir, dsb
  3. Risiko yang dikecualikan (pengecualian/exclusion)

Sehingga polis Asuransi Kebakaran dinamakan “Named Perils” Policy.

Sedangkan di dalam Polis Property All Risk /Industrial All Risk tidak secara tegas disebutkan risiko-risiko apa saja yang dijamin. Di dalam polis Property All Risk / Industrial All Risk yang disebutkan secara specific adalah Exclusion atau Pengecualiannya. Jadi dengan kalta lain polis Property All Risk /Industrial All Risk menjamin semua risiko sepanjang risiko tersebut tidak dikecualikan.

Sehingga polis Property All Risk / Industrial All Risk dinamakan “Unnamed Perils” Policy.

Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk

Bagaimana apabila polis Property All Risk / Industrial All Risk ingin diperluas dengan Gempa Bumi dan bagaimana dengan ratenya ?

Apabila polis Property All Risk / Industrial All Risk ingin diperluas dengan jaminan Gempa Bumi, maka akan dibuat dalam polis tersendiri. Di mana Rate, Deductible dan kondisi lainnya harus mengikuti standard yang sudah di atur oleh Pool Reasuransi Gempa Bumi Indonesia (PRGBI, sekarang bernama Maipark).

Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk

Kapan berlakunya Warranty dan bagaimana apabila Warrant tsb tidak dipenuhi oleh Tertanggung ?

Warranty berlaku selama masa pertanggungan asuransi. Apabila warranty ini tidak dipenuhi atau tidak dilaksanakan oleh Tertanggung sehingga mengakibatkan risiko menjadi meningkat, maka kerugian yang mungkin terjadi tidak akan dibayarkan.

Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk

Bolehkah Tertanggung mengasuransikan isi bangunan tanpa mengasuransikan bangunannya ?

Pada dasarnya di dalam polis tidak memuat ketentuan bahwa yang disuransikan harus beserta bangunannya, namun biasanya perusahaan asuransi tidak mau menerima apabila yang diasuransikan hanya isi bangunannya saja tanpa bangunannya, karena risiko yang terbesar justru biasanya dari isi bangunannya . Kecuali apabila bangunan nya sewa atau bangunannya tsb sudah diasuransikan sendiri.

Asuransi Property All Risk / Industrial All Risk

Apakah setelah terjadinya kerugian sebagian, Harga Pertanggungan menjadi berkurang ?

Setelah terjadinya kerugian sebagian, Harga Pertanggungan memang menjadi berkurang sebesar kerugiannya tsb, jadi setelah terjadi kerugian Harga Pertanggungannya harus dikembalikan seperti posisi semula di mana Tertanggung harus membayar proporsi premi tambahan sampai dengan berakhirnya masa pertanggungan.

Untuk itu di dalam polis akan dilekatkan klausula Reinstatement Additional Premium.

Asuransi Syariah

Lalu bagaimana dengan Tertanggung atau nasabah yang dibawa oleh Agen atau Broker tsb, apakah mereka juga mendapatkan Mudharabah ?

Bisa mendapatkan atau juga tidak mendapatkan Mudharabah tsb, tergantung dari kesepakatan di awal dan akad yang dipergunakan (terkait point 6).

Asuransi Syariah

Didalam prakteknya pada asuransi syariah terdapat Mudharabah ?

Mudharabah yaitu Bagi Hasil yang diberikan kepada pemegang polis apabila perusahaan asuransi mengalami surplus underwriting setelah satu tahun pembukuan.