Visi

Menjadi perusahaan asuransi profesional dan terpercaya dengan memberikan nilai yang berarti kepada nasabah, perusahaan reasuransi, agen, rekanan, pemegang saham dan karyawan dengan memperhatikan aspek kemanusiaan, ekonomi, sosial dan lingkungan.

Misi

  • Mengenal dan memenuhi kebutuhan nasabah,
  • Hasil underwriting yang menguntungkan,
  • Mengembangkan bakat, meningkatkan produktivitas dan efisiensi karyawan,
  • Inovasi produk dan pengembangan teknologi informasi yang berkesinambungan
  • Pertumbuhan Perusahaan yang berkelanjutan melalui penerapan Prinsip - Prinsip Keuangan berkelanjutan.


Profil Perusahaan

PT Asuransi Sinar Mas Mas didirikan pada tahun 1985. Awal pendirian menggunakan nama Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta sebelum kemudian mengganti nama perusahaan di tahun 1991. Hingga saat ini, Asuransi Sinar Mas (ASM) telah memiliki 179 jaringan kantor cabang/pemasaran/marketing poin yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Asuransi Sinar Mas telah diakui sebagai market leader di industri asuransi Indonesia. Hal ini tak lepas dari komitmen Perusahaan untuk selalu memberikan perlindungan bagi para nasabah kami serta didukung oleh misi untuk menyediakan produk dan layanan yang inovatif serta semangat berkreasi dalam bidang teknologi dan struktur informasi. 

Perusahaan juga diperkuat oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni untuk melaksanakan operasional perusahaan serta didukung oleh perusahaan reasuransi dalam dan luar negeri.

PT Asuransi Sinar Mas telah mendapatkan sertifikasi dari Fitch Ratings, agensi asal Amerika Serikat sejak tahun 2010 hingga saat ini. Sertifikasi ini menandakan bahwa peringkat kredit Perusahaan sehat dan stabil. Di tahun 2022, Fitch Ratings kembali mengukuhkan kinerja keuangan dan prospek finansial PT Asuransi Sinar Mas dengan tingkat AA+ serta prospek yang stabil. Peringkat kredit yang dinilai oleh Fitch Ratings mencerminkan posisi PT Asuransi Sinar Mas sebagai pemimpin pasar di Indonesia dengan status keuangan yang stabil, modal yang kokoh dan manajemen reasuransi yang teliti, serta penuh kehati-hatian.

Agensi lain yang memberikan peringkat serupa terhadap PT Asuransi Sinar Mas, di antaranya: Kredit Rating Indonesia (KRI) dengan rating AAA (ir) Outlook Stable dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) dengan rating AA” with stable outlook. Dalam upayanya untuk dapat melakukan kegiatan sesuai dengan praktek bisnis sesuai dengan standar pedoman ISO. Sertifikasi ISO yang telah diraih adalah ISO 31000 – 2018 Manajemen Risiko, ISO 37001 – 2016 Sistim Manajemen Anti Penyuapan, ISO 27001 – 2013 Sistim Manajemen Keamanan Informasi, ISO 19600 – 2014 Sistim Manajemen Kepatuhan, ISO 14001 – 2015 Sistim Manajemen Lingkungan, ISO 45001 – 2018 Sistim Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja, ISO 9001 – 2014 Sistim Manajemen Mutu, dan ISO 26000 – 2010 Tanggung Jawab Sosial.

Perusahaan telah berulang kali dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia atas pencapaian kinerjanya, di antaranya melalui penghargaan Insurance Market Leaders Award dari Majalah Media Asuransi ; Best Insurance Award dari Majalah Investor ; Asuransi Terbaik dari Media Asuransi; Top GRC Awards, Top CSR Awards, dan lainnya.

Asuransi Sinar Mas memiliki komitment untuk melakukan pembayaran klaim secara cepat. Berbagai kondisi yang dihadapi tidak mengurangi komitment Perusahaan untuk tetap melakukan pembayaran klaim secara cepat, tepat dan terpercaya. Bagi PT Asuransi Sinar Mas, tak ada yang lebih penting daripada kepuasan dan kebutuhan nasabah, terutama di momen-momen krusial bagi mereka.

Peningkatan layanan bagi nasabah juga terus dilakukan melalui berbagai inovasi layanan. Menyelaraskan dengan perkembangan digital, Asuransi Sinar Mas telah menyiapkan berbagai layanan digital bagi para nasabah melalui mobile apllication Asuransi Sinar Mas Online, website sinarmas.co.id serta berbagai website produk. Layanan digital meliputi informasi produk, pembelian asuransi, pengajuan klaim, cek progress klaim, hingga layanan pendukung seperti konsultasi dokter simas sehat, informasi rumah sakit provider, dan lain-lain.

Perusahaan senantiasa berkomitmen untuk terus dan selalu ada bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar. Ragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) telah dilaksanakan seperti program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan melalui Rumah Kreatif Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara kemudian aksi berbagi paket sembako bagi masyarakat kurang mampu, Wakaf Al Quran, bantuan untuk penataan lingkungan kumuh, pelatihan hidroponik, penanaman pohon, dan lain sebagainya. Saat pandemi COVID-19, Asuransi Sinar Mas sadar bahwa pandemi bukan saja jadi ancaman terhadap kesehatan, tapi juga ancaman terhadap ekonomi masyarakat. Perusahaan mendukung upaya penanganan pandemi yang dilakukan pemerintah dengan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi karyawan, nasabah dan juga masyarakat umum.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan keuangan, Asuransi Sinar Mas melaksanakan kegiatan edukasi keuangan. Target peserta literasi bervariasi dari berbagai kalangan, mulai dari siswa dan pengajar tingkat TK- SD-SMP-SMA-Perguruan Tinggi, petani, nelayan maupun UMKM. Cakupan wilayah penyelenggaraan literasi keuangan pun di berbagai wilayah di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur hingga Papua.

Kegiatan edukasi ini dilakukan dalam rangka mendukung Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kami percaya bahwa upaya perusahaan untuk membantu masyarakat agar “melek finansial” sangatlah penting. Sebagai tambahan, PT Asuransi Sinar Mas mengambil inisiatif untuk memberikan Asuransi Simas Mikro dan Celengan Impian secaragratis bagi para peserta aktivitas edukasi agar mereka dapat merasakan manfaat asuransi.

Besar harapan kami agar semua warga Indonesia dapat menyambut masa depan mereka dengan penuh keyakinan dan semangat tinggi, karena PT Asuransi Sinar Mas akan selalu hadir untuk segala kebutuhan perlindungan mereka demi Indonesia maju.