December 14, 2023

Yuk ketahui Manfaat Asuransi Perjalanan

Liburan sekolah sebentar lagi akan tiba….., waktu yang dinanti-nantikan oleh anak-anak bahkan para orang tua untuk berkumpul bersama. Liburan sekolah kerap kali menjadi moment penting yang membangun kedekatan antara seluruh anggota keluarga melalui berbagai kegiatan bersama, salah satunya dengan ber –rekreasi bersama baik di dalam kota, keluar kota atau antar pulau atau bahkan hingga keluar negeri.

Bagi yang akan melakukan perjalanan liburan ke luar negeri, salah satu yang perlu dipersiapkan adalah dokumen Paspor dan Visa. Perlu diperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan Paspor dan Visa. Bagi yang akan melakukan perjalanan ke negara Uni Eropa, salah satu persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan Visa adalah asuransi perjalanan.

 Orang biasanya cenderung tidak menganggap penting asuransi perjalanan ini. Namun Pemerintahan Uni Eropa dan beberapa negara lain mewajibkan siapa pun yang masuk ke negaranya untuk harus memiliki asuransi perjalanan. Biasanya, asuransi perjalanan masuk sebagai salah satu syarat kelengkapan dokumen untuk pengajuan pembuatan Visa.

Asuransi perjalanan memberikan jaminan yang luas. Selain memberikan jaminan kecelakaan diri dan biaya pengobatan selama dalam perjalanan, asuransi perjalanan juga menanggung hal-hal yang dikenal dengan istilah ketidaknyamanan selama perjalanan. Orang banyak belum mengetahui dengan jelas maksud dari jaminan tersebut sehingga tidak banyak yang menyadari pentingnya asuransi perjalanan ini.

Ketidaknyamanan dalam perjalanan yang masuk dalam jaminan asuransi perjalanan terdiri dari keterlambatan (delay) pesawat , kehilangan atau kerusakan bagasi dan harta benda pribadi, keterlambatan perjalanan, kehilangan deposit dan pembatalan perjalanan, pengurangan waktu perjalanan, kehilangan dokumen perjalanan, ketidaksesuaian penerbangan lanjutan hingga pembajakan pesawat.

Tidak hanya itu, ada juga perusahaan asuransi yang memberikan jaminan perluasan seperti perlindungan rumah dari resiko kebakaran atau kebongkaran selama ditinggal melakukan perjalanan ke luar negeri, Tanggung Jawab Hukum Pihak ketiga, Biaya telepon darurat hingga santunan untuk golf.

Besarnya premi untuk asuransi perjalanan bervariasi, biasanya perusahaan asuransi menyediakan beberapa pilihan plan tergantung besar jaminan yang diinginkan. Bagi yang akan melakukan perjalanan ke Negara Uni Eropa, pihak kedutaan telah mensyaratkan minimal limit pertanggungan tertentu.