September 24, 2024

Menyelami Festival-festival di Jawa Timur: Kharisma Event Nusantara dan Festival Olah Raga Masyarakat Daerah

Jawa Timur memiliki keragaman budaya, seni, dan tradisi yang perlu diperkenalkan dan dilestarikan. Salah satu upaya untuk memperkenalkan kekayaan ini adalah melalui festival budaya. Jawa Timur sendiri memiliki berbagai festival yang patut diketahui, salah satunya adalah Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diselenggarakan pada tahun 2023.

Program Kharisma Event Nusantara (KEN) adalah kolaborasi yang melibatkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pemerintah daerah, serta berbagai pemangku kepentingan pariwisata. KEN bertujuan untuk memperkuat citra Indonesia di sektor pariwisata sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

Festival Kharisma Event Nusantara

Ada delapan festival Kharisma Event Nusantara, yaitu Jember Fashion Carnival, Festival Reyog Ponorogo, Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmony, Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

1. Jember Fashion Carnaval - Jember

Menurut situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah acara tahunan Kabupaten Jember yang menampilkan karnaval kostum dalam konsep runway. Diselenggarakan sejak 2003 oleh Jember Fashion Carnaval Centre, JFC menghadirkan tema yang berbeda setiap tahun.

2. Festival Reog Ponorogo - Ponorogo

Festival Reog Ponorogo adalah acara tahunan yang menampilkan kesenian Reog Ponorogo, yang telah berlangsung sejak tahun 1995. Festival ini menarik puluhan peserta dari berbagai negara dan melibatkan sekitar 40 pemain, termasuk penari, pengrawit (pemusik), dan pengiring.

3. Festival Gandrung Sewu - Banyuwangi

Festival Gandrung Sewu, yang telah berlangsung sejak 1974, adalah acara tahunan yang menampilkan kesenian Tari Gandrung Sewu khas Banyuwangi. Festival ini digagas oleh Paguyuban Pelatih Seniman dan Tari Banyuwangi (Patih Senawangi) yang dipimpin oleh Suko Prayitno, dengan tujuan mempersatukan keragaman budaya di Kabupaten Banyuwangi. Lebih dari 1.000 penari Gandrung dari berbagai jenjang pendidikan berpartisipasi dalam festival ini.

4. East Java Fashion Harmony - Jawa Timur

Acara berikut dalam KEN 2023 adalah East Java Fashion Harmony yang diselenggarakan oleh Provinsi Jawa Timur. Tujuan utama acara ini adalah untuk mempromosikan wastra (kain) kepada masyarakat. Kegiatan ini menjadi ajang pameran batik dan tenun khas Jawa Timur, sekaligus memperkenalkan keberagaman wastra tersebut ke kancah internasional.

5. Festival Rujak Uleg - Surabaya

Selanjutnya, ada Festival Rujak Uleg di Kota Pahlawan. Festival ini menampilkan rujak uleg terbesar, kuliner khas Surabaya yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sejak 2021.

Daya tarik utama festival ini, selain menikmati rujak uleg, adalah prosesi mengulek rujak di atas cobek batu raksasa berdiameter 2,5 meter. Festival ini diikuti oleh ratusan peserta, dan rujak uleg yang dihasilkan kemudian dibagikan secara gratis kepada pengunjung.

6. Banyuwangi Ethno Carnival - Banyuwangi

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) atau Karnaval Etnik Banyuwangi adalah festival busana tahunan yang menjadi bagian dari rangkaian Banyuwangi Festival. Rute karnaval ini dimulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati, melewati jalanan protokol Kota Banyuwangi dengan jarak 2,2 kilometer.

7. Batu Street Food - Kota Batu

Batu Street Food Festival bertujuan mempromosikan produk ekonomi kreatif di bidang kuliner, menggabungkan masakan kekinian dengan kuliner khas Kota Batu. Festival ini menampilkan berbagai jenis kuliner, mulai dari jajanan kaki lima hingga hidangan dari koki hotel dan restoran.

8. Festival Musik Tradisional Rontek - Pacitan

Terakhir adalah Festival Musik Tradisional Rontek yang diselenggarakan di Kabupaten Pacitan. Festival tahunan ini menampilkan kesenian musik ronthek, yang biasanya digunakan sebagai musik pengiring sahur selama bulan puasa. Acara ini menjadi ajang kompetisi ronthek dengan peserta dari berbagai desa dan kecamatan di Kota dan Kabupaten Pacitan. Selain musik, festival ini juga dimeriahkan dengan tarian dan penampilan kostum menarik.

Demikian delapan festival di Jawa Timur yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Selain itu, ada juga Festival Olah Raga Masyarakat Daerah (FORDA) juga diselenggarakan dari 27 hingga 30 Mei 2023 di Malang.

Festival Olah Raga Masyarakat Daerah (FORDA)

Menurut Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim, FORDA adalah ajang untuk mengenali keberagaman, kearifan lokal, dan kekayaan budaya, termasuk olahraga berbasis masyarakat yang berkembang di berbagai daerah.

Festival ini diikuti sekitar 2.200 peserta di Kota Malang dan dibagi menjadi tiga komisi:

1. Komisi Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB)

Mempertandingkan olahraga tradisional seperti layang-layang, panah tradisional, sepeda tua, hadang (gobak sodor), balap trompah panjang, dan balap egrang.

2. Komisi Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT)

Menampilkan olahraga seperti breakdance, skateboard, airsoft gun, orientering (mencari lokasi dengan kompas), dan binaraga tradisional.

3. Komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK)

Meliputi senam dan dansa.

Itulah informasi tentang Festival-festival yang ada di Jawa Timur. Ayo luangkan waktu liburan Anda untuk mengunjungi Jawa Timur.

Disamping itu, jika Anda sedang berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk berkunjung ke Asuransi Sinar Mas Cabang Jawa Timur.

1. Asuransi Sinar Mas Cabang Surabaya

2. Asuransi Sinar Mas Cabang Malang

3. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Gresik

4. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Jember

5. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Kediri

6. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Mojokerto

7. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Madiun

8. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Sidoarjo

9. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Banyuwangi

10. Asuransi Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Agency Surabaya

11. Asuransi Sinar Mas Kantor Pemasaran Agency Malang

12. Asuransi Sinar Mas Marketing Poin Agency Klampis - Surabaya

Sumber:

  1. "8 Festival di Jawa Timur yang Masuk Kharisma Event Nusantara 2023" https://www.detik.com/jatim/wisata/d-7074074/8-festival-di-jawa-timur-yang-masuk-kharisma-event-nusantara-2023.
  2. "6 Festival Budaya di Jawa Timur, Ada yang Berskala Internasional". https://www.idntimes.com/travel/destination/kiswanto-1/festival-budaya-di-jawa-timur-c1c2.
  3. https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/delapan-festival-di-jatim-masuk-karisma-event-nusantara-2023.
  4. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2023/festival-olahraga-masyarakat-pertama-jatim-akan-digelar-di-malang/.