June 24, 2021

Asuransi Sinar Mas Kembali Gelar Literasi Keuangan Bagi Petani di Balai Penyuluhan Pertanian Sonder, Minahasa

Minahasa, 24 Juni 2021, Kegiatan literasi keuangan kembali diadakan bagi para petani. Meskipun dalam suasana pandemi tidak menyurutkan semangat Asuransi Sinar Mas untuk tetap memberikan edukasi keuangan dalam bentuk virtual. Asuransi Sinar Mas menggelar kegiatan literasi keuangan bagi petani di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sonder, Minahasa, Sulawesi Utara.

Edukasi keuangan tentu harus diberikan kepada semua lapisan masyarakat. Tidak hanya para pelajar, tentu pegiat UMKM, ibu rumah tangga maupun petani juga berhak mendapatkan edukasi dan informasi mengenai keuangan dengan benar. Edukasi yang diberikan pada kegiatan literasi keuangan dalam bentuk sosialisasi mengenai apa itu risiko, asuransi mikro, serta edukasi mengenai investasi serta manfaat menabung. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengikuti anjuran pemerintah, pada kesempatan yang sama juga diberikan materi mengenai sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 melalui pelaksanaan 5 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Meminimalkan Mobilitas) .

“Kegiatan Literasi Keuangan bertujuan untuk memberikan edukasi keuangan dan informasi bagaimana cara mengelola keuangan yang baik, agar dana yang dimiliki tidak habis begitu saja. Dalam kegiatan tersebut, juga diinfokan mengenai asuransi simas petani, nanti akan dibagikan kartu asuransi simas petani secara gratis kepada para petani di Balai Penyuluhan Pertanian Sonder, Minahasa. Literasi keuangan sebelumnya sudah dilakukan kepada petani di wilayah Padang, Humbang Hasundutan, Pulau Solor Nusa Tenggara Timur, Lombok Nusa Tenggara Barat, Amurang Minahasa Selatan, Merauke, Putussibau dan daerah lainnya“, ungkap Purwandari, Kepala Divisi Customer Relationship Management Asuransi Sinar Mas.

Sambutan dan respon positif juga disampaikan oleh Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Sonder, Minahasa, berikut sambutannya :

“Saya mewakili Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Sonder, Minahasa, Berterima kasih kepada Asuransi Sinar Mas atas kepeduliannya dan kesempatan yang telah diberikan untuk menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan dan memfasilitasi asuransi simas petani secara gratis bagi petani kami. Dengan harapan semoga asuransi yang diberikan untuk petani di Kecamatan Sonder dapat bermanfaat bagi para petani, dan lebih mengenal asuransi lewat edukasi dari Asuransi Sinar Mas”, ungkap Olga Mangare, SP sebagai Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Sonder, Minahasa.

Pada kegiatan ini Asuransi Sinar Mas tidak hanya menggelar literasi keuangan saja, namun juga membagikan kartu asuransi simas petani secara GRATIS dan celengan impian bagi seluruh petani. Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya. Total asuransi yang diberikan sebanyak 428 kartu asuransi simas petani.

Pada tahun 2021, Asuransi Sinar Mas merencanakan akan melakukan kegiatan literasi keuangan ke berbagai wilayah Indonesia lainnya yaitu Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, Tomohon, Palu, Makassar, Kendari, Jambi, Bandar Lampung, Palembang, Ambon, Banda Aceh, dan Lhokseumawe.