June 27, 2023

Asuransi Sinar Mas Beri Pelatihan Pengolahan Minyak Jelantah dan Literasi Keuangan Bagi Warga Kampung Bali

Jakarta, 27 Juni 2023 - Asuransi Sinar Mas menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pelatihan pengolahan minyak jelantah menjadi sabun bagi warga Kelurahan Kampung Bali, Jakarta Pusat. Pelatihan yang diadakan berkolaborasi dengan tim Sustainable Indonesia ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dalam mengolah limbah menjadi barang yang lebih berguna dan dapat menjadi alternatif usaha baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.


“Kegiatan CSR Asuransi Sinar Mas lebih ke sustainable living jadi hidup yang berkelanjutan seperti kegiatan CSR yang dilaksanakan di Danau Toba, kami sudah memulai dengan sustainable fashion. Untuk di wilayah Kampung Bali, beragam kegiatan CSR telah dilaksanakan secara rutin sejak 2012. Sebelumnya kami juga sudah pernah memberikan peralatan Hidroponik dan membantu mengembangkan lingkungan menjadi lebih bersih dan rapi. Di masa pandemi pelatihan minyak jelantah ini sudah dicanangkan tetapi belum terlaksana karena terkendala pandemi. Asuransi Sinar Mas berharap kegiatan pelatihan yang dilakukan dapat berdampak pada lingkungan yang bisa mendukung kita membantu bumi,” ungkap Dumasi MM Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas.

Lalu mengapa minyak jelantah yang dipilih untuk diolah menjadi sabun? Menurut Ety Kusmiyati, Lurah Kelurahan Kampung Bali, Jakarta Pusat mengatakan “Alasan mengapa kegiatan pelatihan minyak jelantah ini dilakukan karena awalnya minyak jelantah ini sering terbuang ke saluran pembuangan air dan kurang dimanfaatkan oleh warga kami. Sebelumnya kami telah mengumpulkan minyak jelantah tersebut di dalam satu dirigen, tetapi belum mengetahui akan dijadikan apa minyak tersebut. Tetapi karena Asuransi Sinar Mas punya inovasi-inovasi untuk membantu warga kami mempunyai keterampilan, Alhamdulilah Asuransi Sinar Mas memberikan kesempatan pada warga kami untuk mengikuti pelatihan pengolahan minyak jelantah untuk dijadikan sabun”.


Selain memberikan pelatihan pengolahan minyak jelantah, Asuransi Sinar Mas juga memberikan edukasi keuangan bagi para peserta pelatihan yang terdiri dari Ibu-Ibu PKK, ketua RW, petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan sarana Umum). Dalam literasi dan edukasi keuangan ini, peserta diberikan pengetahuan mengenai perencanaan keuangan keluarga serta pengenalan instrumen keuangan yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan termasuk asuransi. Peserta menunjukkan antusiasnya di dalam mengikuti pelatihan dan edukasi keuangan.

“Proses pembuatan sabun dari minyak jelantah ini sangat mudah, bahan dan alat yang digunakan pun mudah didapatkan dan dapat dilakukan di rumah. Manfaat dari pelatihan ini banyak, salah satunya dapat menjadi sumber pendapatan baru karena memiliki nilai jual yang tinggi karena mengolah limbah menjadi bahan baru. Jadi ini penting sekali menurut saya selain menambah pengetahuan juga dapat menambah pendapatan.” ujar Lena, Pelatih dari Sustainable Indonesia.

“Pembuatan sabun dari minyak jelantah ini menurut saya sangat mudah, kita juga gampang memahami dan mencernanya juga ditambahnya lagi bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Harapan saya setelah mengikuti kegiatan literasi dan pelatihan ini semoga bisa mengurangi limbah minyak terutama minyak jelantah yang merusak ekosistem yang bisa diperbaiki walaupun sedikit demi sedikit,” ujar Dede, salah satu peserta literasi dan pelatihan.

Pada kesempatan ini, Asuransi Sinar Mas juga membagikan asuransi Simas Mikro GRATIS beserta celengan impian bagi peserta literasi.

Link Pemberitaan :

1. Media Profesi

http://media-profesi.com/v0/blog/2023/07/05/asm-beri-pelatihan-pengolahan-minyak-jelantah-dan-literasi-keuangan-bagi-warga-kampung-bali/

2. Top Business

https://www.topbusiness.id/78273/asuransi-sinar-mas-beri-pelatihan-pengolahan-minyak-jelantah-dan-literasi-keuangan-bagi-warga-kampung-bali.html