April 05, 2024

Tips Mudik Lebaran dengan Kereta Api

Sebentar lagi kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri identik dengan mudik. Apakah Lebaran tahun ini Anda menggunakan kereta Api untuk pulang ke kampung halaman?

Berikut tips mudik menggunakan kereta api :

1. Pesan Tiket Kereta 45 Hari Sebelum Keberangkatan

Agar mudik Anda berjalan dengan lancar, pesanlah tiket kereta dari jauh-jauh hari, karena tiket kereta api dapat dibeli H-45 sebelum keberangkatan. Anda dapat memesan tiket dari loket secara langsung, situs resmi kai, travel agent, maupun secara online melalui aplikasi. Bila Anda mengajak anak-anak Anda, pastikan anak-anak Anda termasuk golongan infant (1 - 3 tahun) atau tidak. Karena untuk anak yang bukan golongan infant diperlukan tiket sendiri dengan tarif dewasa.

2. Bawa Makanan dan Minuman Secukupnya

Dalam perjalanan mudik Anda tentunya Anda masih menjalankan ibadah puasa. Alangkah baiknya Anda menyiapkan makanan dan minuman sendiri untuk sahur dan berbuka. Pastikan makanan dan minuman yang Anda bawa tidak menyulitkan Anda saat mengonsumsinya di kereta, karena kereta api memiliki ruang gerak yang terbatas.

Selain itu tentu saja lebih hemat, karena Anda tidak perlu membeli lagi di kereta. Dan juga makanan dan minuman yang dibawa bisa sesuai dengan selera Anda. Hati-hati dengan aroma makanan yang tidak mengenakan, karena dapat mengganggu penumpang lain.

3. Siapkan KTP dan Pilih Nomor Gerbong Kereta

Setelah Anda tiba di stasiun, petugas akan meminta KTP dan tiket kereta sesuai dengan pesanan Anda sebelumnya. Setelah itu Anda baru bisa masuk ke ruang tunggu kereta.

Jangan lupa juga cek nomor gerbong dan kursi kereta agar tidak salah memilih tempat duduk saat di dalam kereta.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Mengingat perjalanan yang panjang, pastikan pakaian yang Anda kenakan nyaman untuk digunakan. Alangkah baiknya gunakan pakaian yang santai saat perjalanan mudik Lebaran. Jangan menggunakan pakaian yang membuat Anda sulit untuk bergerak karena kereta memiliki ruang gerak yang terbatas.

5. Datang Lebih Awal

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang tertinggal, alangkah baiknya Anda datang lebih awal ke stasiun dari jadwal keberangkatan Anda agar Anda memiliki cukup waktu untuk mencegah hal-hal tersebut. Selain itu dengan datang lebih awal, berarti Anda juga dapat lebih awal untuk barang-barang Anda di bagasi.

6. Bawa Barang Seperlunya

Jangan bawa barang yang berlebihan, karena akan membuat Anda repot. Selain itu kereta juga memiliki ruang bagasi yang terbatas.

7. Siapkan Obat-obatan yang diperlukan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit ataupun mabuk perjalanan alangkah baiknya Anda membawa obat-obatan, karena obat-obatan cukup sulit didapatkan di kereta api.

8. Periksa Barang Bawaan Anda Sebelum Naik dan Turun dari Kereta

Ingat untuk selalu cek barang bawaan Anda, jangan sampai tertinggal di stasiun maupun di dalam kereta. Petugas tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang.

9. Siapkan Kendaraan Lanjutan

Mudik dengan kereta api biasanya tidak akan langsung membawa Anda tiba di kampung halaman Anda. Jadi ada baiknya Anda menyiapkan kendaraan lanjutan yang dapat membawa Anda menuju rumah tinggal Anda atau kerabat Anda.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum, memesan ojek/taksi online, atau dapat juga meminta bantuan dari kerabat Anda untuk menjemput di stasiun.

Nah itulah beberapa tips untuk mudik Lebaran menggunakan kereta api. Semoga tips-tips diatas dapat membantu Anda agar perjalanan mudik Anda menjadi lebih aman dan nyaman. Siapkan diri dan mental Anda untuk melakukan perjalanan mudik.

Butuh perlindungan selama perjalanan mudik? Yuk cari tahu infonya disini : Simas Mudik

Bersama ini, kami keluarga besar Asuransi Sinar Mas mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Sumber: contact-kai.zendesk.com, glints.com, traveloka.com, narasi.tv


Klik banner untuk menuju Halaman Bulan Ramadan bersama Asuransi Sinar Mas