December 21, 2023

3 (tiga) Hal Penting dalam Memilih Asuransi untuk Rumah Anda

Rumah adalah bangunan yang dijadikan sebagai tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang berfungsi sebagai tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan bahkan bisa menunjukkan tingkat sosial dalam masyarakat.

Mengingat pentingnya fungsi rumah bagi kehidupan manusia, perlindungan terhadap rumah yang kita tempati juga merupakan kebutuhan yang tidak bisa kita hindari.  Banyak resiko yang dapat menimpa rumah, yang tentunya dapat berpengaruh kepada para penghuninya. Namun sampai saat ini masih banyak pemilik rumah tinggal yang belum menyadari pentingnya memberikan perlindungan rumah.

Banyak cara yang dapat dijalankan oleh pemilik rumah untuk menjaga tempat tinggalnya tetap aman dan nyaman, misalnya dengan menggunakan bahan bangunan dan material rumah yang berkualitas, memasang sistem pengamanan seperti kamera pengintai/ CCTV, atau juga mentransfer resiko yang mungkin terjadi terhadap rumah Anda ke Perusahaan Asuransi.

Saat ini terdapat banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai perlindungan asuransi untuk rumah tinggal, mulai hanya jaminan dasar yaitu FLEXAS (Fire/Kebakaran, Lightning/Petir, Explosion/Ledakan, Smoke/Asap, Aircraft Damage/Kejatuhan Pesawat Terbang) atau juga yang ditambah dengan perluasan jaminan seperti gempa bumi, banjir, tsunami, gunung meletus; kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase; perampokan dan kebongkaran; kerusakan tak terduga yang timbul sebagai akibat dari kelalaian atau kesalahan Anda atau orang yang bekerja pada Anda; kecelakaan akibat tertabrak kendaraan Anda sendiri maupun kendaraan orang lain dan berbagai jaminan lainnya.

Beberapa produk asuransi rumah juga menawarkan perluasan jaminan berupa tempat tinggal sementara apabila Tertanggung harus meninggalkan rumah akibat kerusakan/kerugian yang dijamin Polis, pembersihan puing, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Adanya Asuransi memang tidak menjamin rumah Anda bebas dari segala resiko tetapi dengan keberadaan Asuransi, akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penghuninya, karena jika terjadi kerugian financial akibat resiko yang dijamin Polis maka Asuransi akan memberikan penggantian.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi untuk Rumah Anda diantaranya adalah :

1. Pada saat akan membeli produk asuransi rumah, perhatikan hal-hal yang dijamin dan tidak dijamin dalam Polis.

2. Tentukan Nilai Pertanggungan sesuai harga pasar yang berlaku saat ini, hal ini untuk mencegah terjadinya pertanggungan di bawah harga (underinsured) atau pertanggungan di atas harga (overinsured).

3. Tidak ada salahnya saling membandingkan antara satu produk asuransi rumah dengan produk sejenis lainnya agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jadi pastikan rumah Anda mendapatkan proteksi ya.