June 13, 2024

Mengenal Penyakit Rabies, Gejala, Serta Pengobatannya

Rabies disebut juga penyakit anjing gila yang merupakan suatu penyakit infeksi akut pada Susunan Saraf Pusat (SSP) yang ditransmisikan dari hewan terinfeksi sehingga dapat menyebabkan radang otak, hingga berakibat koma dan kematian.

Rabies merupakan penyakit yang fatal dan dapat menyebabkan pasien meninggal dalam beberapa hari walaupun telah diobati di unit intensif. Walaupun demikian masih dapat ditangani dengan pemberian vaksin rabies dua hari setelah terpapar. Kendati semakin lama efektivitas vaksin menurun, namun selama belum ada gejala apapun, pemberian vaksin tetap efektif dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan. Bila gejala muncul, seseorang akan meninggal dalam waktu 3 - 20 hari.

Penyakit ini bersifat zoonotik yaitu penyakit dapat ditularkan dari hewan melalui gigitan.

Menurut WHO (2007), masa inkubasi rabies rata-rata 30 – 90 hari. Pasca virus rabies masuk melalui luka gigitan/cakaran, virus akan:

  1. Menetap selama dua minggu di sekitar luka gigitan.
  2. Melakukan replikasi di jaringan otot sekitar luka gigitan.

Gejala Klinis Rabies pada Manusia

  1. Tahap Awal, gejala yang timbul antara lain: demam, lemas, lesu, tidak nafsu makan (anorexia), insomnia, sakit kepala hebat, sakit tenggorokan dan sering ditemukan nyeri.
  2. Tahap Sensoris, ada rasa kesemutan atau panas (parestesi) di lokasi gigitan, kecemasan dan reaksi berlebih terhadap rangsang sensorik.

Pengobatan pada Rabies

  1. Belum ditemukan terapi spesifik untuk rabies sampai saat ini.
  2. Pasien perlu diisolasi untuk mencegah penularan ke orang lain.
  3. Bersihkan luka dengan sabun dan air mengalir sesegera mungkin dan imunisasi rabies dalam waktu 72 jam pasca terpapar.
  4. Segera bawa orang yang tergigit ke rumah sakit bagian penyakit dalam divisi Penyakit Tropik Infeksi terdekat untuk ditangani.

Pencegahan Rabies pada Orang Beresiko Tinggi

  1. Vaksin provilaksis dengan dosis: 1 ml IM pada hari 0, 7, 21 atau 28 pada dokter hewan, pekerja laboratorium, anak-anak dan pengunjung wilayah endemis.
  2. Lakukan check-up & vaksinasi booster jika titer kurang dari 0,5 IU/ml.

Ayo! Dukung pemerintah memberantas RABIES, pastikan juga hewan peliharaanmu sudah mendapatkan vaksin lengkap!

Cek juga produk kami, untuk melindungi hewan peliharaan Anda

Simas Pet Insurance