January 05, 2024

Kenali Aktivitas Fisik dan Manfaatnya

Saat kita sedang bersekolah, kuliah, maupun bekerja di lingkungan kantor, kita juga harus bisa memperhatikan fisik kita, dan kita harus coba untuk bergerak. Dampak buruk akan muncul ketika kita tidak suka bergerak, penyakit akan sering muncul jika kita jarang atau tidak beraktivitas, dan yang akan muncul adalah mulai dari penyakit ringan hingga yang berat. contoh penyakit berat yang masih kerap terjadi adalah diabetes melitus, hipertensi, kanker, masalah mata, serangan jantung, stroke, bahkan gagal ginjal. Dan tentunya pengurangan resiko penyakit tersebut bisa dilakukannya dengan banyak melakukan aktivitas fisik dalam kehidupan keseharian yang sehat.

Aktivitas fisik adalah aktivitas di mana setiap gerakan tubuh disebabkan oleh kerja otot rangka dan pengeluaran tenaga dan energi. Kita akan mendapatkan manfaat dari beraktivitas fisik. Banyak orang tidak menyadari manfaat dari beraktivitas fisik setiap hari. Berikut adalah keuntungan dari olahraga yang kita lakukan. Berikut adalah manfaat dari aktivitas fisik yang kita lakukan:

  1. Mencegah Penyakit Ringan dan Berat.
  2. Meningkatkan Kemampuan Fisik Secara Baik.
  3. Berpikir lebih positif dan menjauhkan pikiran serta emosi negatif.
  4. Meningkatkan Kualitas Tidur agar lebih baik dan teratur.
  5. Meningkatkan Kecerdasan dan Keterampilan.

Aktivitas fisik tentunya harus di lakukan dengan adanya gerakan di tubuh kita. Aktivitas fisik dibagi menjadi tiga jenis untuk membuat kalian sehat dan bugar serta bebas dari penyakit, yaitu aktivitas fisik sehari-hari, Latihan fisik , dan juga Olahraga Berikut adalah penjelasan nya.

  1. Aktivitas fisik setiap hari

    Jenis aktivitas yang pertama ada dalam kehidupan Anda sehari-hari. Kegiatan sehari-hari dalam mengurus rumah bisa membantu bakar kalori. Seperti mencuci baju, mengepel, menyapu, jalan kaki, membersihkan jendela, berkebun, menyetrika, bermain dengan anak, dan sebagainya.

  2. Latihan fisik

    Latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terencana seperti jalan kaki, jogging, push up, peregangan, senam, zumba, dan bermain sepeda. Dilihat dari kegiatannya, latihan fisik memang hampir mirip atau sama dengan olahraga.

  3. Olahraga

    Yang terakhir adalah Olahraga, olahraga adalah aktivitas fisik yang terstruktur dan terencana dengan mengikuti aturan yang ada. Yang termasuk dalam bidang olahraga seperti sepak bola, skateboard, lari, bulu tangkis, basket, voli, dan berenang.

Jangan lupa untuk cek dan beli produk kami:

Simas Travel Overseas
Simas Personal Accident


Sumber : Kemenkes, Hello Sehat