April 02, 2024

Tips untuk Memilih Baju Lebaran dengan Tepat

Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut dengan lebaran adalah hari raya yang paling dinanti-nanti oleh umat muslim usai berpuasa di Bulan Ramadan. Setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh, diakhiri dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri yakni hari penuh dengan kebersamaan dan kesucian. Merayakan Hari Raya Idul Fitri berarti merayakan kembali kesucian diri menuju fitrahnya masing-masing.

Seluruh kerabat dan keluarga berkumpul dan bersilahturahmi, serta berjumpa dengan orang-orang terdekat yang selama ini mungkin jarang bertemu. Menikmati makanan khas, seperti rendang, opor ayam, ketupat, dan berbagai kue kering sudah menjadi tradisi umat Islam saat merayakan Idul Fitri.

Selain kegiatan berkumpul, bersilahturahmi, dan berjumpa dengan keluarga maupun kerabat, Lebaran juga merupakan saat yang tepat untuk berpakaian dan berpenampilan istimewa. Maka dari itu tidak heran bagi umat Islam untuk mulai merencanakan penampilan terbaik untuk menyambut hari kemenangan itu. Menyambut Hari Raya Idul Fitri rasanya belum lengkap tanpa mempersiapkan baju Lebaran. Maka dari itu memilih baju Lebaran yang nyaman dipakai seharian itu penting untuk diperhatikan.

Berikut adalah tips untuk memilih baju Lebaran yang tepat agar nyaman digunakan :

1. Pilihlah Warna yang Tepat

Warna-warna seperti nude, dark, dan bold adalah warna yang sedang tren saat ini. Warna-warna tersebut tidak hanya memberikan kesan yang elegan tetapi juga memberikan sentuhan yang modern.

2. Pilihlah Bahan yang Mewah dan Nyaman

Saat memilih baju Lebaran, perhatikan bahan yang digunakan. Pastikan Anda memilih bahan yang mewah dan nyaman. Bahan baju yang bagus tidak hanya memberikan tampilan yang anggun tetapi juga memberikan kenyamanan saat di kenakan.

3. Pilihlah Model Baju yang Sesuai

Pilihlah model baju yang sesuai dengan selera dan situasi. Biasanya model gamis dan blus adalah pilihan yang sangat tepat. Model tersebut memberikan kesan yang anggun dan sangat cocok dipakai untuk Lebaran.

Untuk wanita gunakan kemeja polos dan belt minimalis. Kemeja juga merupakan fashion yang tidak pernah ketinggalan zaman. Saat Lebaran Anda bisa memadukan kemeja dengan kulot maupun pleated skirt. Lalu gabungkan dengan belt untuk memberikan kesan mewah dan manis.

4. Hindari Outfit yang Berlebihan

Saat berkumpul dan silahturahmi, gunakan pakaian yang praktis dan membuatmu bebas bergerak. Kurangi penggunaan outfit yang memiliki payet-payet yang berlebihan. Memang payet dapat memberikan kilau yang menarik, namun jika penggunaannya terlalu banyak dapat membuat penampilan terlihat berlebihan dan membuat kurang nyaman untuk suasana Lebaran.

5. Cobalah Bergaya Layering dengan Outer

Bagi Anda yang suka tampil statement, gaya layering dengan outer bisa dijadikan andalah. Apapun jenis outernya, dapat membuat Anda terlihat modis.

Setelan blazer bisa dipakai untuk tampil lebih elegan saat Lebaran. Begitu pula dengan long cardigan yang bisa dipakai juga untuk Lebaran sekaligus liburan.

6. Gunakan Baju yang Sopan

Saat Lebaran alangkah baiknya gunakan baju yang sopan dan tertutup. Tidak baik (tidak etis) menggunakan baju yang seksi saat merayakan hari Lebaran. Jika ingin tetap stylish cobalah gamis, kaftan, dan tunik agar penampilanmu lebih sempurna.

7. Prioritaskan Kenyamanan

Kenyamanan merupakan kunci utama untuk menikmati momen Lebaran tanpa gangguan dari pakaian yang tidak nyaman.

Dengan tips-tips diatas, semoga kita bisa mempersiapkan Hari Lebaran dengan istimewa.

Sumber :

  1. fimela.com.
  2. beautynesia.id.
  3. kompas.com.
  4. idntimes.com.


Klik banner untuk menuju Halaman Bulan Ramadan bersama Asuransi Sinar Mas