May 24, 2023

Tips Menjalankan Investasi Properti yang Menguntungkan

Investasi properti merupakan investasi yang nilainya cenderung stabil dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan, banyak yang berpendapat bahwa risiko berinvestasi di properti lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Investasi properti adalah bentuk pengelolaan modal dengan melibatkan penjualan dan pembelian aset seperti apartemen, rumah dan gedung perkantoran, hingga menangani aset tersebut untuk menghasilkan keuntungan. Yang membedakan dari jenis investasi lainnya terletak pada pengelolaan aset. Pengelolaan aset tersebut dilakukan dengan cara penyewaan, penjualan kembali ataupun keduanya.

Jika tertarik memulai berinvestasi dalam bidang properti, ada beberapa cara mengelola aset yang perlu diketahui, yakni:

1. Bisnis Flip Properti

Dalam bisnis flipping, Anda dapat membeli rumah untuk kemudian direnovasi dan menjualnya kembali dengan selisih harga yang mendatangkan keuntungan.

2. Investasi Properti Sewa

Keunggulan dari menyewakan properti adalah keuntungannya yang konsisten. Biasanya, bisnis ini dilakukan para investor yang ingin mendapatkan income pasif secara berkala dalam jangka waktu singkat.

3. Investasi Properti Online

Bentuk investasi online merupakan proses transaksi yang dilakukan secara online melalui platform khusus untuk menghubungkan calon investor dengan property asset manager. Proses transaksi investasi ini biasa disebut sebagai crowdfunding.

Sebagai investor pemula, ada baiknya tidak mengambil langkah terburu-buru dalam proses pembelian properti. Karena banyak hal yang perlu dipelajari sebelum memulai investasi ini. Berikut ini beberapa tips bagi pemula:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi yang strategis dan memiliki prospek menjanjikan. Misalnya, properti di kawasan perkotaan, mudah dijangkau serta dekat dengan pusat keramaian menjadikan properti tersebut memiliki harga jual tinggi.

2. Siapkan Dana yang Lebih dari Cukup

Siapkan cukup dana untuk menanggung biaya pokok dan biaya tambahan yang menjadi kewajiban, seperti uang muka dan angsuran.

3. Pilih Pengembang Terpercaya

Pilihlah pengembang yang mempunyai pengalaman profesional minimal 5 tahun dalam bidang properti, serta track record yang baik agar proses transaksi menjadi aman dan lancar.

4. Asuransi

Asuransi sangatlah penting mengingat bencana atau musibah bisa datang tidak terduga, sehingga membutuhkan kesiapan mental dan materi. Asuransikan properti agar risiko-risiko seperti kerusakan akibat kebakaran dapat diantisipasi dan aset tetap aman terjaga.

sumber :

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/11/04/investasi-properti

https://www.cermati.com/artikel/tips-jitu-agar-bisa-untung-besar-dalam-bisnis-sewa-properti