June 08, 2024

Mengenal Lebih Dekat Anjing Belgian Malinois

Belgian Malinois adalah anjing pendamping yang penuh kasih sayang dan setia, siap melindungi rumah dan keluarganya. Anjing ini memiliki warna coklat kekuningan, merah, atau abu-abu dengan bayangan hitam di ujung rambut. Namun, jenis anjing ini memerlukan pemilik yang berpengalaman. Malinois tidak bisa diajari menjadi anjing penjaga saat usianya masih muda, karena naluri mereka untuk menjadi penjaga akan muncul dengan sendirinya apabila diperlukan.

Anjing Gembala Belgia terbagi menjadi empat variasi: Laekenois, Tervueren, Groenendael, dan Malinois, dinamai sesuai daerah asal mereka di Belgia. Pada tahun 1890-an, seorang profesor dari Belgian School of Veterinary Sciences mencatat standar untuk berbagai jenis anjing gembala Belgia, menemukan bahwa mereka semua memiliki tipe yang sama dengan perbedaan utama pada rambut. Profesor tersebut kemudian membagi mereka menjadi beberapa varietas dan menyarankan agar dibiakkan sebagai keturunan yang terpisah.

Berikut 7 fakta seputar Anjing Malinois :

1. Termasuk Anjing yang Berukuran Besar

Malinois termasuk anjing yang berukuran besar. Anjing jantan dewasa berukuran antara 61 - 66 cm dengan berat badan antara 27-36 kg. Anjing betina dewasa berukuran antara 56-61 cm, dengan berat badan antara 18-27 kg.

Anjing ini memiliki tubuh yang tegap, kokoh, dan kuat dengan otot yang menonjol dan perawakan ramping serta bulu pendek. Ekornya biasanya lebih gelap atau memiliki ujung hitam. Telinganya tegak berwarna hitam yang menunjukkan kewaspadaan, serta matanya cokelat gelap memancarkan kecerdasan.

2. Sekilas Terlihat Mirip dengan Anjing Gembala Jerman, Namun Ternyata Berbeda

Sekilas, anjing Gembala Jerman dan Belgian Malinois sulit dibedakan. Keduanya memiliki ukuran tubuh mirip, telinga tegak, mata cokelat gelap, moncong hitam meruncing, dan bulu cokelat-hitam. Namun, keduanya adalah spesies anjing yang berbeda.

Anjing Belgian Malinois memiliki bulu yang lebih pendek dan tipis dibandingkan bulu Anjing Gembala Jerman. Selain itu Anjing Malinois memiliki berat badan yang lebih ringan dibanding Anjing Gembala Jerman. Perbedaan lainnya dapat dilihat dari rentang hidup mereka, di mana Belgian Malinois cenderung memiliki usia lebih panjang.

3. Tipe Anjing yang Sangat Aktif dan Suka Bergerak

Belgian Malinois adalah partner yang ideal untuk berlari, hiking, dan bersepeda. Anjing ini sangat berenergi dan memerlukan lebih dari satu jam aktivitas fisik setiap hari.

4. Sering Digunakan sebagai Anjing Pekerja dan Penggembala Hewan Ternak

Melihat kembali ke masa lalu, Belgian Malinois sengaja dikembangbiakkan sebagai anjing pekerja sejak abad ke-18 di dekat kota Malines, Belgia. Selain itu, Belgian Malinois juga sangat cocok sebagai anjing gembala ternak, karena mampu menggiring ternak dengan efektif berkat kecerdasannya.

Selain itu anjing ini juga dilibatkan dalam tugas kepolisian seperti di bidang pelacakan, pencarian, penyelamatan dan penyerang dalam situasi berbahaya.

5. Tergolong sebagai Alpha Dog

Anjing Belgian Malinois termasuk jenis anjing alpha, karena mengacu pada hierarki dalam kelompok serigala, di mana alpha leader adalah serigala jantan yang paling besar dan kuat yang menjadi pemimpin dalam kelompok.

6. Tidak Direkomendasikan Bagi Pemilik Anjing yang masih Pemula

Tidak semua orang bisa memelihara Belgian Malinois karena anjing ini sangat cerdas juga keras kepala dan manipulatif. Jika pemiliknya kurang dominan, Belgian Malinois cenderung memberontak dan tidak menuruti perintah. Oleh karena itu, anjing ini direkomendasikan untuk orang yang sudah berpengalaman.

Dengan demikian, Belgian Malinois memerlukan pemilik yang tegas dan dominan sebagai pemimpin. Jika tidak, anjing ini akan mendominasi, menolak mengikuti perintah, dan bisa menjadi agresif.

7. Mempunyai Insting untuk Melindungi Pemilik dan Propertinya

Belgian Malinois dikenal sebagai anjing yang sangat loyal kepada pemiliknya, dengan insting alami untuk melindungi pemilik dan propertinya. Oleh karena itu, mereka sangat cocok sebagai anjing penjaga. Tidak mengherankan jika Belgian Malinois menunjukkan agresivitas terhadap orang asing dan tidak segan menggigit jika mereka merasa terancam.

Kini hadir produk dari Asuransi Sinar Mas untuk melindungi anjing kesayangan anda

Simas Pet Insurance


Sumber: idntimes.com, purina.co.id