April 04, 2024

Mabuk Perjalanan dan Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Menyambut Hari Raya dan moment liburan, banyak orang yang senang melakukan travel. Travel berasal dari bahasa Inggris yang artinya perjalanan. Perjalanan adalah pergerakan satu arah dari zona tujuan hingga sampai ke tempat tujuan. Banyak orang yang hobi dengan travelling, namun banyak pula orang yang mabuk saat melakukan travelling.

Mabuk perjalanan adalah kondisi dimana seseorang merasa tidak nyaman saat travelling, baik menggunakan mobil, bis, kereta, maupun pesawat. Mabuk perjalanan bisa dialami semua orang, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, ibu hamil, maupun lansia. Biasanya tanda dari gejala ini adalah mual, muntah, dan pusing saat travelling.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan terjadi karena otak tidak dapat memahami informasi yang dikirim melalui mata, hidung, maupun telinga. Mambuk perjalanan disebabkan juga karena adanya konflik antar indra. Hal ini biasanya terjadi saat sedang melewati jalan yang terjal atau berliku-liku.

Selain itu mabuk kendaraan juga disebabkan oleh beberapa faktor :

  1. Membaca buku atau bermain handphone saat kendaraan sedang melaju.
  2. Migrain.
  3. Memiliki riwayat/keturunan mabuk perjalanan.
  4. Vertigo.
  5. Memiliki gangguan pada telinga bagian dalam.
  6. Mengalami perubahan hormonal karena kehamilan, menstruasi, maupun penggunaan pil KB.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mabuk perjalanan :

1. Makan Sebelum Berpergian

Perut kosong bisa jadi sebagai salah satu pemicu mabuk perjalanan. Alangkah baiknya sebelum berpergian, makanlah terlebih dahulu untuk mengisi perut Anda yang kosong agar tidak mabuk saat perjalanan jauh. Jangan sampai makan terlalu kenyang, karena jika terjadi guncangan dapat membuat Anda menjadi tambah mual.

2. Hirup Aromaterapi

Saat perjalanan jauh agar tidak merasa pusing atau mual, hal utama yang bisa Anda lakukan adalah menghirup aromaterapi (minyak angin). Aromaterapi bisa juga dioleskan di hidung maupun kepala.

3. Atur Posisi Duduk yang Nyaman

Posisi duduk yang tidak nyaman dapat membuat Anda merasa tidak nyaman saat perjalanan jauh, sehingga Anda mudah mual dan mabuk. Bagi Anda yang mudah mabuk alangkah baiknya jangan duduk di belakang, pilihlah kursi depan supaya terhindar dari guncangan yang kencang.

4. Siapkan Obat Anti Mabuk

Bagi Anda yang memiliki riwayat atau keturunan mabuk perjalanan, jangan lupa untuk selalu minum obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan. Namun perlu diingat bahwa obat anti mabuk cenderung menyebabkan rasa kantuk, sehingga tidak disarankan untuk meminumnya ketika sedang berkendara sendiri.

5. Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint

Mengonsumsi jahe dan permen mint dapat memabntu mencegah mual dan muntah akibat mabuk perjalanan, karena aroma dari jahe dan permen mint dapat menenangkan tubuh.

6. Perbanyak Istirahat saat Di Jalan

Perjalanan yang jauh pasti memakan waktu berjam-jam untuk tiba di tempat tujuan. Jika Anda membawa kendaraan pribadi untuk berpergian, tidak ada salahnya untuk mampir ke rest area untuk mengisi stamina Anda kembali. Dengan mengumpulkan stamina dapat mencegah mual dan muntah selama berada di kendaraan. Anda juga dapat menghirup udara segar saat di rest area.

Bila Anda pergi menggunakan bus, kereta maupun pesawat Anda dapat beristirahat sejenak atau tidur saat perjalanan untuk mengisi stamina Anda kembali.

Untuk yang suka berpergian bisa cari tahu infonya disini :

Simas Travel Overseas , Simas Travel Domestic ,  Simas Mudik

Sumber: kemenkes.go.id, e-journal.uajy.ac.id, alodokter.com, kesehatan.kontan.co.id, siloamhospitals.com