June 21, 2023

Tips Akali Budget Belanja Bulanan Supaya Lebih Irit

Tidak ada salahnya mengakali budget belanja bulanan agar menjadi lebih hemat dari sebelumnya. Beberapa hal dapat dilakukan agar budget bulanan jadi lebih irit bukan? Dalam catatan keuangan, belanja bulanan biasanya memakan porsi cukup besar. Hal ini disebabkan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Mengingat besarnya biaya yang dikeluarkan untuk belanja sembako bulanan rumah tangga, berikut beberapa cara untuk lebih irit:

1. Beli secukupnya

Belanja dalam jumlah yang wajar. Secukupnya di sini bukan berarti kamu harus membeli barang dalam jumlah sedikit. Tapi, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan beli terlalu banyak kalau memang jarang dipakai. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penimbunan.

2. Buat daftar belanjaan

Tuliskan apa saja yang kamu butuhkan dan ingin kamu beli secara detail. Mulai dari kebutuhan yang sangat penting seperti beras sampai hal kecil seperti kecap atau bumbu masakan. Usahakan jangan sampai ada yang kelewat. Rincian belanja bulanan ini berfungsi sebagai peta navigasi yang mengarahkanmu ke tujuan. Jadi, kamu gak perlu muter-muter mencari barang dan kebingungan.

3. Pilih tempat belanja yang murah

Pada umumnya, pasar tradisional dianggap tempat yang paling murah. Apalagi harga yang dipasang masih bisa ditawar. Pedagang juga suka memberi potongan harga kalau membeli dalam jumlah besar. Ditambah, kalau sudah jadi langganan makin banyak potongan.

4. Cari brand dengan harga murah tapi tetap berkualitas

Usahakan pilih brand yang murah namun tetap punya fungsi dan kualitas yang baik. Singkirkan gengsi untuk membeli barang bermerk yang mahal. Kalau ada yang murah kenapa enggak?

5. Manfaatkan promo

Supermarket selalu punya promo menarik untuk menarik pembeli. Promosi akan dipajang di etalase khusus di titik tertentu. Belanja online pun sering kasih diskon. Bentuknya bisa potongan harga langsung, buy one get one, atau cashback.

Belanja bulanan terkadang menimbulkan biaya yang cukup menguras kantong. Tapi, jangan khawatir masih bisa diakali dengan cara-cara di atas. Supaya budget belanja bulanan bisa tetap proporsional.

Sumber : Neo Bank News

-

rumah : https://www.sinarmas.co.id/produk/fire-and-allied-perils/homeowners-simas-rumah-hemat