June 02, 2021

Asuransi Sinar Mas Gelar Literasi Keuangan Bagi Siswa/i SMPN 01 Palu

Palu, 02 Juni 2021, Suasana pandemi tidak menyurutkan Asuransi Sinar Mas untuk tetap melaksanakan kegiatan literasi keuangan meski dalam bentuk virtual. Asuransi Sinar Mas kembali melanjutkan kegiatan literasi keuangan dengan memberikan edukasi keuangan secara online bagi siswa-siswi dan para guru di SMPN 01 Palu, Sulawesi Tengah.

Literasi keuangan yang diadakan oleh Asuransi Sinar Mas mendapat respon yang positif dari para peserta. Edukasi keuangan diberikan dalam bentuk sosialisasi mengenai apa itu risiko, asuransi serta edukasi mengenai investasi serta manfaat menabung. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengikuti anjuran pemerintah, pada kesempatan yang sama ditampilkan video mengenai sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 melalui pelaksanaan 3 M (Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan) .

“Sedikit gambaran mengenai program literasi keuangan, kegiatan ini bertujuan agar dapat memiliki kemampuan dalam memilih produk dan jasa keuangan yang tepat. Asuransi Sinar Mas di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) telah melaksanakan kegiatan literasi keuangan sejak tahun 2015. Peserta dari kegiatan literasi keuangan tersebut tentu bervariasi dari TK - SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga, UMKM dan Petani. Kegiatan literasi sudah diadakan di sebagian wilayah luar pulau Jawa seperti Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan sekitarnya,” ungkap Purwandari, Kepala Divisi Customer Relationship Management Asuransi Sinar Mas.

Sambutan yang hangat dan penuh semangat juga disampaikan oleh perwakilan dari Kepala Sekolah SMPN 01 Palu, berikut sambutannya :

“Berbagai jenis literasi yang tidak kalah pentingnya, salah satunya yaitu literasi keuangan. Karena dengan adanya literasi keuangan ini sangat membantu, khususnya lokasi sekolah kami sangat dekat dengan bank, masih minim ilmu mengenai literasi keuangan. Asuransi Sinar Mas yang pertama mengajak anak-anak kami mengenal keuangan dan ilmu mengenai literasi keuangan. Mewakili Ibu SMPN 01 Palu yang berhalangan hadir pada hari ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Asuransi Sinar Mas karena telah membuka ruangan dan membuka wawasan dan pengalaman baru. Semoga bermanfaat. Terima kasih semoga apa yang diberikan kepada kami menjadi kekuatan baru bagi kami,” ungkap Hartadi Gatot, S.pd,M.PMat, selaku Perwakilan Kepala Sekolah serta Guru Matematika SMPN 01 Palu.

Kegiatan literasi keuangan sebelumnya pernah diadakan saat Tsunami yang menimpa Palu 2018 yang lalu. Tepatnya pada tanggal 17 Desember 2018, Asuransi Sinar Mas menggelar kegiatan literasi keuangan bagi 1.031 Siswa/i Sekolah Dasar di Palu. Kali ini, Literasi Keuangan disampaikan bagi siswa-siswi di 3 (tiga) Sekolah Dasar di wilayah kota Palu yaitu SD Inpres 1 Lolu, Palu, SD 15 Palu, SD Inpres 2 Talise serta anak-anak di lokasi pengungsian Balaroa, Palu.

Pada kegiatan ini Asuransi Sinar Mas tidak hanya menggelar literasi keuangan saja, namun juga membagikan kartu asuransi mikro GRATIS dan celengan impian bagi seluruh siswa dan guru. Celengan Impian adalah celengan sederhana yang diinisiasi oleh Asuransi Sinar Mas untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menyisihkan uang untuk ditabung agar dapat mewujudkan impiannya. Siswa mendapatkan asuransi simas siswa mikro dan celengan impian sementara guru mendapatkan asuransi simas perlindungan. Total asuransi yang diberikan sebanyak 95 kartu asuransi simas siswa mikro dan 22 simas perlindungan.

“Untuk wilayah Palu sendiri, kami sudah pernah melakukan kegiatan literasi keuangan di tahun 2018 saat setelah gempa dan tsunami Palu beberapa tahun yang lalu. Pada kegiatan literasi keuangan ini seluruh peserta akan mendapat simas siswa mikro untuk para siswa dan simas perlindungan untuk para guru. Serta tidak lupa juga akan dibagikan celengan impian, yang dapat digunakan untuk menabung. Masih dalam suasana pandemi, pada kegiatan ini kami juga menginformasikan edukasi melalui video mengenai ajakan menggunakan masker. Kegiatan literasi keuangan ini diharapkan memiliki manfaat serta, edukasi yang tepat bagi para peserta di SMPN 01 Palu,” Lanjut Purwandari, Kepala Divisi Customer Relationship Management Asuransi Sinar Mas.

Pada tahun 2021, Asuransi Sinar Mas merencanakan akan melakukan kegiatan literasi keuangan ke berbagai wilayah Indonesia lainnya yaitu Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, Tomohon, Palu, Makassar, Kendari, Jambi, Bandar Lampung, Palembang, Ambon, Banda Aceh, dan Lhokseumawe.