Sejarah ASM

Kami percaya bahwa jaminan perlindungan adalah kunci dari kemajuan masa depan, karena proses pertumbuhan yang baik selalu dilandasi oleh rasa aman dan terjaga. Komitmen kami untuk selalu memberikan perlindungan yang menyeluruh bagi para nasabah kami, didukung oleh misi untuk menyediakan layanan yang penuh empati dan inovatif, menjadikan PT Asuransi Sinar Mas salah satu perusahaan asuransi umum terdepan di Indonesia.

Didirikan pada tahun 1985, PT Asuransi Sinar Mas sempat mengusung nama Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta sebelum kemudian terjadi pergantian nama perusahaan di tahun 1991. Sejak awal didirikan hingga saat ini, PT Asuransi Sinar Mas telah mengembangkan sayapnya ke seluruh pelosok negeri dengan 185 jaringan kantor cabang/pemasaran/marketing point. Bisnisnya tersebar dari Sabang hingga Merauke. Perusahaan juga diperkuat oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, berkomitmen, dan berkapasitas tinggi. 

Selama lebih dari tiga dekade, PT Asuransi Sinar Mas dikenal juga sebagai perusahaan asuransi yang mendukung inovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Perusahaan juga serta menanamkan semangat berkreasi yang dekat dengan teknologi dan struktur informasi. Baik di Indonesia, maupun mancanegara, PT Asuransi Sinar Mas berhasil mengukir reputasi yang kokoh sebagai market leader dengan potensi yang bahkan lebih besar lagi. 

Di tahun 2013, sampai saat ini, PT Asuransi Sinar Mas mendapatkan sertifikasi dari Fitch Ratings, agensi asal Amerika Serikat, yang menandakan bahwa peringkat kredit Perusahaan sehat dan stabil. Di tahun 2020, Fitch Ratings kembali mengukuhkan kinerja keuangan dan prospek finansial PT Asuransi Sinar Mas dengan tingkat AA+ serta prospek yang stabil. Peringkat kredit yang dinilai oleh Fitch Ratings mencerminkan posisi PT Asuransi Sinar Mas sebagai pemimpin pasar di Indonesia dengan status keuangan yang stabil, modal yang kokoh dan manajemen reasuransi yang teliti, serta penuh kehati-hatian. 

Agensi lain yang memberikan peringkat serupa terhadap PT Asuransi Sinar Mas, di antaranya: Kredit Rating Indonesia (KRI) dan PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). Keduanya menetapkan Perusahaan sebagai perusahaan dengan tingkat dominasi pasar yang tinggi, saluran distribusi yang luas, serta kekuatan modal dan likuiditas yang sehat. 

Lewat teropongan agensi-agensi ini, serta lembaga keuangan pemerintah, masyarakat umum dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap PT Asuransi Sinar Mas. Perusahaan telah berkali-kali dinobatkan sebagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, diantaranya melalui penghargaan Insurance Market Leaders Award 2020; Best Insurance Award 2020; Best General Insurance 2020; dan lainnya. 

Pandemi yang menghantam dunia di tahun 2020 sama sekali tidak mengurangi komitmen ataupun mengendurkan upaya Perusahaan untuk tetap melakukan pembayaran klaim secara cepat, tepat dan terpercaya. Di awal tahun 2020, ketika banjir melanda sejumlah daerah di Indonesia, pembayaran klaim menjadi prioritas utama; begitu juga dengan klaim hole-in-one, dan sederetan klaim lainnya. Bagi PT Asuransi Sinar Mas, tak ada yang lebih penting daripada kepuasan dan kebutuhan nasabah, terutama di momen-momen krusial bagi mereka. 

Lebih dari itu, pandemi juga tidak melunturkan semangat PT Asuransi Sinar Mas untuk terus dan selalu ada bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar kami. Ragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan baik dalam bentuk amal, maupun pengembangan komunitas. 

PT Asuransi Sinar Mas sadar bahwa pandemi bukan saja jadi ancaman terhadap kesehatan, tapi juga ancaman terhadap ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, dengan segenap usaha, Perusahaan memberikan bantuan alat pertanian kepada para petani kopi; mendonasikan sejumlah sembako untuk warga di sekitar lingkungan kerja perusahaan. Perusahaan juga menyumbangkan alat-alat medis ke RSUD Dolok Sanggul dan 12 puskesmas di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.

Selain itu, PT Asuransi Sinar Mas juga tetap memberikan bimbingan dan pendampingan bagi UMKM di sekitar Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara agar mereka tetap bisa berkarya dan tetap dapat menopang perekonomian keluarga mereka. 

Serangkaian kegiatan literasi dan inklusi keuangan juga tetap dilakukan PT Asuransi Sinar Mas selama masa pandemi. Topik yang disampaikan mencakup topik-topik yang sering dihadapi oleh masyarakat terkait perencanaan keuangan, baik itu dalam lingkup rumah tangga, maupun usaha. Kegiatan ini dilakukan secara jarak jauh via platform daring, ZOOM, dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Target audiens dari program dan kegiatan ini adalah siswa dan pengajar tingkat SD-SMP-SMA-Perguruan Tinggi; serta petani dan UMKM. Pelaksanaannya pun telah menjangkau berbagai daerah di seluruh Indonesia, seperti Kupang, Pulau Rote, Lombok, DKI Jakarta, Ungaran, Bekasi, Berau dan Manokwari. 

Walau kegiatan edukasi ini dilakukan dalam rangka mengikuti ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun kami percaya bahwa upaya perusahaan untuk membantu masyarakat agar “melek finansial” sangatlah penting. Sebagai tambahan, PT Asuransi Sinar Mas mengambil inisiatif untuk memberikan Asuransi Simas Mikro dan Celengan Impian bagi para peserta aktivitas edukasi agar mereka dapat merasakan manfaat asuransi. 

Besar harapan kami agar semua warga Indonesia dapat menyambut masa depan mereka dengan penuh keyakinan dan semangat tinggi, karena PT Asuransi Sinar Mas akan selalu hadir untuk segala kebutuhan perlindungan mereka — demi Indonesia maju