Rumah Kreatif Sinar Mas

Tentang Rumah Kreatif Sinar Mas :

Rumah Kreatif Sinar Mas adalah wadah kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Asuransi Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Rumah Kreatif didirikan sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari 5 destinasi wisata super prioritas.

Kabupaten Humbang Hasundutan yang dipilih sebagai lokasi kegiatan CSR PT. Asuransi Sinar Mas merupakan satu dari 10 kabupaten yang berada di sekitar Danau Toba. Luas Kabupaten Humbang Hasundutan adalah 251.765,93 Ha. Terdiri dari 10 (sepuluh) Kecamatan, 153 (seratus lima puluh tiga) Desa dan 1 (satu) Kelurahan, yaitu Kecamatan Pakkat, Kecamatan Onanganjang, Kecamatan Sijamapolang, Kecamatan Lintongnihuta, Kecamatan Paranginan, Kecamatan Doloksanggul, Kecamatan Pollung, Kecamatan Parlilitan, Kecamatan Tarabintang dan Kecamatan Baktiraja.

Dengan posisi yang berada di sisi Danau Toba, Humbang Hasundutan memiliki beberapa potensi wisata dengan pemandangan yang indah seperti Lembah Bakara, Sipinsur, Air terjun Janji, dan lain-lain.

Daerah Humbang Hasundutan juga merupakan daerah penghasil kopi Arabica dengan kualitas terbaik karena ditanam di lahan dengan ketinggian 1.500 dpl.

5 Sentra Dibawah Rumah Kreatif Sinar Mas :

Rumah Kreatif Sinar Mas berperan menjadi “rumah pendidikan” dan sarana pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan. Terdapat 5 (lima) sentra di dalam Rumah Kreatif Sinar Mas yaitu :


1. Sentra Buku
Sentra buku adalah sentra yang menyediakan beragam buku baik untuk anak, remaja, maupun orang dewasa. Jenis bukunya-pun cukup beragam, mulai dari buku cerita bergambar sampai pada buku ketrampilan yang dapat menumbuhkan inspirasi usaha bagi para orang tua, Sentra buku dapat juga menjunjang kegiatan sentra lainnya.


2. Sentra Komputer
Sentra komputer memberikan kesempatan untuk mengenal teknologi informasi bagi pengunjung melalui pelatihan komputer.


3. Sentra Permainan
Sentra permainan merupakan sarana anak untuk berkreasi sehingga  menawarkan berbagai permainan sensorik fungsional, bermain peran, konstruktif, dan bermain dengan aturan sehingga dapat menstimulasi anak untuk mengembangkan seluruh potensinya (saling berbagi, saling menghargai dan bekerjasama).


4. Sentra Audio Visual
Sentra Audio Visual merupakan salah satu wadah bagi anak untuk berkreasi dan berinovasi sehingga anak menjadi lebih percaya diri dan bersemangat dalam belajar. Sentra ini menjadi wadah dari segala bentuk kegiatan panggung. Oleh karenanya Sentra Audio Visual disebut juga sebagai Sentra Panggung.


5. Sentra Kriya
Sentra kriya bertujuan untuk memberdayakan masyarakat,  remaja  dan ibu rumah tangga berdasarkan potensi setempat baik potensi alam maupun manusianya. Sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat mengentaskan kemiskinan.

Instagram Rumah Kreatif Sinar Mas :

 

Follow Us :