November 29, 2022

Yuk Coba Khasiat Madu untuk Sakit Tenggorokan!

Di cuaca yang tidak menentu ini, kadang hujan kadang panas. Tentu sakit tenggorokan sering menghampiri di sekitar kita. Sakit tenggorokan merupakan penyakit yang umum terjadi namun tetap bikin keki. Sakit tenggorokan dapat terjadi karena infeksi virus, infeksi bakteri hingga faktor lain seperti alergi. Selain ditangani dengan obat medis, beberapa orang biasanya mencoba obat alami seperti madu untuk meredakan sakit tenggorokan. Madu untuk sakit tenggorokan, sekedar janji manis atau memang efektif?

Jawabannya iya! Madu berpotensi untuk meredakan dan meringankan gejala sakit tenggorokan. Bahkan, Center for Disease Control and Prevention merekomendasikan konsumsi madu untuk sakit tenggorokan yang diiringi dengan gejala batuk. Madu untuk sakit tenggorokan dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak di atas satu tahun.

Secara alami, madu mentah mengandung antiseptik yang disebut hidrogen peroksida. Kandungan hidrogen peroksida tersebut diyakini dapat memberikan efek antijamur dan antibakteri. Efektivitas madu untuk melawan bakteri dan jamur akan bervariasi tergantung jenis yang Anda beli. Namun, konsumsi madu untuk sakit tenggorokan tetap layak untuk dicoba

Ada sejumlah riset yang mendukung potensi madu untuk sakit tenggorokan. Misalnya, menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Molecule, madu mengantongi berbagai manfaat dan sifat yang berefek positif untuk kesehatan. Berikut beberapa khasiat madu :

  1. Sebagai Antioksidan
    Madu alami mengandung berbagai senyawa yang bertindak sebagai antioksidan, termasuk fitokimia, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh dengan membersihkan radikal bebas.

  2. Memiliki Efek Anti-Peradangan
    Madu juga memiliki efek anti-peradangan yang dapat meredakan batuk.

  3. Kemampuan untuk menangkal mikroba
    Madu berperan sebagai antibakteri dan antijamur tanpa efek samping, juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri

Ternyata khasiat madu ada banyak ya. Madu untuk sakit tenggorokan layak dicoba nih karena mengantongi efek antiradang, antibakteri, antijamur, dan antivirus. Cukup campurkan madu ke segelas teh untuk bantu meredakan sakit tenggorokan, selamat mencoba ya!

Sumber : Sehatq.com