March 04, 2022

Waktu Minum Setelah Makan yang Tepat dan Manfaatnya

Terasa kurang jika setelah makan tidak minum bukan? Apakah Anda terbiasa minum setelah makan? Kebiasaan ini sebetulnya baik untuk dilakukan. Namun, ada sejumlah pendapat yang menyatakan bahwa minum air setelah makan justru dapat mengganggu kesehatan khususnya sistem pencernaan. Benarkah demikian? Minum setelah makan ternyata dapat membantu melancarkan kerja pencernaan. Namun, jangan langsung melakukannya, berilah jeda waktu sekitar 30 menit.

Dilansir dari Mayo Clinic, minum air setelah makan dan saat makan justru membantu sistem pencernaan Anda. Mari kita kenali terlebih dahulu sejumlah manfaat minum setelah makan bagi pencernaan berikut ini :

1. Melancarkan kerja pencernaan

Ketika Anda minum setelah makan, air putih akan membantu memecah dan melembutkan makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisinya. Air juga dapat memecah potongan makanan besar agar lebih mudah masuk ke perut. Selain itu, minum juga mendorong perpindahan makanan dari satu organ ke organ lainnya agar berjalan lebih lancar loh!

2. Mencegah sembelit

Minum setelah makan juga dapat membantu melunakkan feses sehingga mencegah terjadinya sembelit. Sembelit atau susah buang air besar dapat membuat perut terasa tidak nyaman, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari.

3. Mengendalikan asupan kalori

Selain melancarkan pencernaan, minum setelah makan dapat membantu mengendalikan asupan kalori Anda. Sebab, minum air putih setelah makan akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan mencegah hasrat untuk banyak makan sehingga asupan kalori tetap terjaga.

Nah itu dia beberapa manfaat minum setelah makan bagi kesehatan khususnya pencernaan yang tidak dapat dilewatkan. Tidak hanya untuk melepas dahaga, minum dapat melancarkan kerja pencernaan juga. Jangan lupa untuk minum sehabis makan ya, banyak manfaatnya loh untuk pencernaan Anda.

Sumber : Sehatq.com

-

Kesehatan : https://www.sinarmas.co.id/produk/accident-and-health/kesehatan