November 23, 2022

8 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Saat Travelling ke Luar Negeri

Sebagai wisatawan asing di luar negeri, sudah sepatutnya kita mematuhi aturan di negara tersebut. Meski berbeda-beda di setiap negara, umumnya hampir semua negara mewajibkan wisatawan menunjukkan kartu identitas dan paspor. Selain dokumen terkait identitas, ada beberapa dokumen penting lainnya yang perlu dibawa agar perjalananmu lancar. Berikut ini adalah 8 dokumen penting yang wajib dibawa saat traveling ke luar negeri seperti dilansir dari The Travel:

1. Paspor

Pastikan paspor memiliki halaman yang cukup saat hendak ke luar negeri, utamanya jika mengunjungi lebih dari satu negara. Dengan demikian, kita tidak perlu repot memperbarui paspor di tengah perjalanan karena lembaran yang tersedia habis.

2. Visa Perjalanan

Setiap negara memiliki kebijakan visa perjalanan masing-masing. Oleh sebab itu, pastikan kita sudah mengetahui regulasi visa perjalanan bagi wisatawan asing di negara tujuan. Sebagian negara mewajibkan wisatawan mengurus visa perjalanan sebelum keberangkatan ke negara tujuan. Sebagian lainnya memperbolehkan mereka melengkapi visa perjalanan pada saat kedatangan (visa on arrival).

3. Surat Izin Mengemudi

Dokumen ini dibutuhkan saat kita berencana melakukan perjalanan dengan menyewa kendaraan atau mengemudi sendiri di negara tujuan. Tak hanya itu, wisatawan juga wajib mengetahui aturan berkendara di negara tersebut.

4. Dokumen Identitas

Dokumen identitas berfungsi untuk memastikan asal negara atau daerah seseorang. Demi kenyamanan, sangat disarankan untuk memiliki salinan dokumen identitas tersebut jika sewaktu-waktu diperlukan. Selain itu, simpanlah dokumen identitas seperti KTP maupun akta kelahiran dalam bentuk digital di handphone.

5. Asuransi Perjalanan

Beberapa negara mewajibkan wisatawan asing memiliki asuransi perjalanan. Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya mempersiapkan dokumen sertifikat asuransi perjalanan dalam bentuk cetak maupun digital. Pastikan untuk menyimpan kelengkapan dokumen asuransi perjalanan dalam ponsel maupun laptop. Selain itu, mintalah perusahaan asuransi untuk menerbitkan dokumen sertifikat asuransi perjalanan setelah membeli paket asuransi tersebut.

6. Tiket Pesawat

Meskipun sudah menjadi rahasia umum, namun sebagian wisatawan kadang lalai membawa tiket pesawat karena memesan secara online. Meskipun sudah banyak tiket online, namun dalam banyak kasus wisatawan diminta menyerahkan bukti tiket cetak. Jadi, sebaiknya cetaklah tiket pesawat serta menyimpannya hingga liburan selesai.

7. Akta Kelahiran Anak

Meski kurang familiar, namun akta kelahiran anak merupakan dokumen penting yang sebaiknya dibawa saat mengajak serta anak-anak. Dalam beberapa kasus, dokumen tersebut harus ditunjukkan untuk memastikan anak-anak berada di bawah umur pada fasilitas tertentu. Wisatawan dianjurkan menyimpan akta kelahiran anak di tempat yang mudah terjangkau. Sama seperti dokumen lainnya, sebaiknya persiapkan versi cetak maupun digital akta kelahiran anak.

8. Sertifikat Vaksin

Kewajiban wisatawan asing menunjukkan sertifikat vaksinasi berubah-ubah sesuai dengan kondisi kesehatan global. Tujuan dari kewajiban ini adalah untuk mencegah penyebaran virus di negara tujuan. Contohnya yang sekarang terjadi adalah sertifikat vaksin Covid-19. Sejumlah negara mewajibkan kedatangan internasional untuk menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 dengan dosis tertentu. Tentunya, ketentuan tersebut bervariasi dan berubah-ubah sesuai dengan perkembangan pandemi. Jadi, pastikan kita sudah mengetahui syarat terkait sertifikat vaksin di negara tujuan.

*sumber: https://travel.kompas.com/read/2022/02/22/173343827/10-dokumen-penting-yang-wajib-dibawa-saat-traveling-ke-luar-negeri?page=all