Simas Satelit
Share :

Saat ini dalam dunia telekomunikasi terdapat Telekomunikasi Terrestrial atau di darat dan System Telekomunikasi Satelit. System Telekomunikasi Satelit adalah System Telekomunikasi yang menggunakan satelit buatan manusia di angkasa dengan menggunakan transmisi. Sistem Telekomunikasi satelit biasanya memiliki area cakupan yang lebih luas dibanding terrestrial, bisa digunakan dimana saja bahkan di daerah yang tidak terjangkau oleh Telekomunikasi Terrestrial. Dengan Satelit, daerah yang jauh dapat dengan mudah memiliki sistem komunikasi yang sama dengan di kota dan dapat terhubung dengan daerah lain dengan lebih cepat. Oleh karenanya sangat dibutuhkan pembuatan satelit untuk mensolusikan kendala yang ada demi kepentingan manusia.

Satelit buatan manusia ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan memiliki kegunaannya tersendiri. Contohnya Satelit Navigasi, Satelit Geodesi, Satelit Komunikasi, Satelit Penelitian dan lainnya. Namun risiko masalah teknis terhadap satelit juga ada, kegagalan peluncuran satelit ke orbit dapat mebuat kerugian cukup besar bagi Perusahaan atau badan Usaha. Oleh karenanya Asuransi Simas Satelit dapat memprotek kerugian yang terjadi pada Satelit, sehingga resiko yang terjadi dapat diproteksi dari saat peluncuran dan beroperasi di orbit sehingga Perusahaan dapat terhindar dari kerugian finansial yang cukup besar.

Risiko yang dijamin simas satelit

Risiko kerugian berdasarkan Polis ini melekat pada proses persiapan peluncuran, dan/atau pengapian Satelit pada kendaraan peluncuran, dan/atau hingga dapat mengorbit di luar atmosfir sesuai dengan ketentuan mana yang disetujui antara Penanggung dan Tertanggung dengan ketentuan bahwa hal ini terjadi selama Periode Polis

Langkah-langkah Penutupan Asuransi simas satelit

  1. Datangi Pihak Asuransi
    Datangi Broker / kantor Asuransi Sinar Mas terdekat, Sumber Bisnis yang dibawa dari Broker, Perusahaan atau Badan Usaha Lainnya akan diberikan kepada Marketing, kemudian Marketing akan menyampaikan ke Undewriting untuk menganalisa lebih lanjut.
  2. Isi Dokumen
    Akan diminta mengisi Proposal Form (Surat Penutupan Polis Asuransi / SPPA Asuransi Satelit). Pahami isi dan mintalah penjelasan dari petugas asuransi mengenai akibat yang timbul dari penutupan polis Anda jika SPPA tidak benar diinfokan.
  3. Informasi yang Diperlukan untuk Pelaksanaan Penutupan Asuransi Simas Satelit, antara lain:
    • Nama dan Alamat Pemilit Project Satelit
    • Nama dan Alamat yang membuat Satelit / Pabrikan Satelit serta reputasinya secara detail, seperti Pengalaman Klaim
    • Spesifikasi Satelit secara detail
    • Jangka waktu dan batas pengcoveran polis
    • Jangka waktu pemeliharaan (maintenance) termasuk lamanya di Orbit
    • Jumlah Pertanggungan yang diperinci
    • Jadwal waktu pelaksanaan Project
    • Lokasi Peluncuran Project
    • Kualifikasi Operator
  4. Back-up Polis
    Penanggung mengurus administrasi terhadap Asuransi Satelit, misalnya back-up Reasuransinya atas resiko ini siapa saja Reasuransi yang mempunyai standard yang terbaik dan sesuai dengan kapasitas yang ada, kemudian premi serta jaminan yang akan diberikan sesuai dengan back-up reas yang sudah ada tersebut.
  5. Menginfokan ke Tertanggung
    Memberikan penawaran Polis ke Tertanggung sesuai dengan back-up yang telah didapat. Kemudian meminta Tertanggung menandatangani persetujuan Term dan Kondisi yang ditawarkan.
  6. Realisasi Polis
    Merealisasikan kesepakatan antara Tertanggung dan Penanggung sesuai back-up yang didapat kemudian merealisasikan Polis yang telah disetujui.

Cara Pelaporan Klaim simas satelit

Untuk Pelaporan Klaim, Perusahaan / Tertanggung dapat melaporkan kejadian kepada Asuransi Sinar Mas melalui :

  1. 24 Hour Customer Care : (021) 235 67 888
  2. Email ke KlaimNonMBU@sinarmas.co.id