Prinsip Asuransi Sinar Mas Syariah
Share :

Berdasarkan Dewan Syariah Nasional MUI (DSN MUI), Asuransi Syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang/pihak melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau tabarru' yang memberikan pola pengembalian untuk mneghadapi resiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai syariah.

Dalam konsep Asuransi Sinar Mas Syariah, Akad yang dipergunakan dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Akad Tabarru adalah akad hibah dalam bentuk pemberian dana dari satu peserta kepada dana tabarru' untuk tujuan tolong menolong di anatara para peserta, yang tidak bersifat dan bukan untuk tujuan komersial.
  • Akad Tijarah adalah akad antara peserta secara kolektif atau secara individual dan pengelola dengan tujuan komersial.
  • Akad Wakalah bil Ujrah adalah akad tijarah yang memberikan kuasa kepada pengelola sebagai wakil peserta untuk mengelola dana tabarru' dan atau dana investasi peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan, dengan imbalan berupa ujrah (free).
  • Akad Mudharabah adalah akad tijarah yang memberikan kuasa kepada pengelola sebagai mudharib untuk mengelola investasi dana tabarru' , sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan, dengan imbalan berupa bagi hasil (nisbah) yang besarnya telah disepakati sebelumnya