Asuransi Simas Covid-19

Pertanyaan :
  1. Bagaimana cara mendaftar Simas Covid-19 ?
  2. Apakah manfaat Simas Covid-19 berlaku saat di Indonesia saja ?
  3. Bagaimanakah Contoh Simulasi Pembelian Simas Covid-19 ?
  4. Apa saja yang dikecualikan Simas Covid-19 ?
  5. Apakah diperlukan Medical Check Up untuk mengajukan asuransi Simas Covid-19 ini ?
  6. Manfaat apa saja yang ditanggung oleh Simas Covid-19 ini ?
  7. Penjaminan dimulai kapan ?
  8. Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan klaim ?
  9. Bagaimana prosedur klaim nya ?
  10. Bagaimana Contoh Simulasi Pembayaran Klaim ?
  11. Bagaimana Cara Mengajukan Keluhan atau Pengaduan Terkait dengan Polis Asuransi Simas Covid-19 ?

Jawaban :

Q.1 Bagaimana cara mendaftar Simas Covid-19 ?
 
A.1

Pendaftaran dapat dilakukan melalui kantor cabang kami yang terdekat, melalui website ini, atau aplikasi Asuransi Sinar Mas Online. Pendaftaran dilakukan  dengan mengisi formulir, dan melengkapi dokumen pendukung berupa fotokopi KTP,  CIF untuk peserta perorangan dan tambahan fotocopy kartu keluarga untuk peserta keluarga.

Kembali keatas^
Q.2 Apakah manfaat Simas Covid-19 berlaku saat di Indonesia saja ?
 
A.2

Tidak, manfaat Simas Covid-19 dapat berlaku di seluruh dunia, tidak terbatas di Indonesia saja.

Kembali keatas^
Q.3 Bagaimanakah Contoh Simulasi Pembelian Simas Covid-19 ?
 
A.3

Contoh Simulasi Pembelian Simas Covid-19 :

Tertanggung a/n Tn. FACHRUDDIN dengan tanggal lahir 01 Januari 1975 pada tanggal 01 Januari 2021 mengajukan aplikasi Asuransi Simas Covid-19 dengan nilai pertanggungan Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah), dan aplikasi telah disetujui oleh PT. Asuransi Sinar Mas pada tanggal 10 Januari 2021. Tertanggung setuju untuk polis dicetak hardcopy. 

Maka Perhitungan premi polis Asuransi Simas Covid-19 yang dibayar oleh Tertanggung adalah sbb :

  • Periode Polis : 01 Januari 2021 sd 30 Juni 2021 
  • Premi = 5% x Rp. 100.000.000 = Rp. 5.000.000,-
  • Biaya Adimintrasi Polis  = Rp. 50.000,-
  • Total Biaya = Rp. 5.050.000,-


Jadi total premi Asuransi Simas Covid-19 harus dibayar oleh Tertanggung adalah sebesar Rp. 5.060.000,- (Lima Juta Enam Puluh Ribu Rupiah)

Kembali keatas^
Q.4 Apa saja yang dikecualikan Simas Covid-19 ?
 
A.4
Yang dikecualikan adalah 
  • Semua jenis kerugian atau perawatan inap/jalan yang dimulai sebelum periode polis berlangsung. 
  • Kondisi Yang Telah Ada Sebelumnya (Pre Existing Condition).
  • Biaya Perawatan/pengobatan Covid-19 yang terjadi/timbul dalam 14 (empat belas) hari pertama dari saat Tanggal Efektif Polis (Kepesertaan Awal).
  • Risiko yang terjadi atas segala kegiatan yang berkaitan dengan penyakit Covid-19, misalnya sebagai tenaga medis yang akan menagani pasien Covid-19, penelitian terkait Covid-19, dan lain-lain.
  • Segala risiko terkait Covid-19 yang terjadi setelah klaim telah dibayarkan oleh Penanggung (kecuali polis diaktifkan kembali)
  • Biaya perawatan dan pengobatan yang melebihi batas manfaat Polis.
  • Biaya perawatan dan pengobatan atau biaya lainnya yang secara medis tidak diperlukan atau tidak berkaitan dengan penyakit Covid-19.
  • Biaya perawatan dan pengobatan atas penyakit Covid-19 yang terjadi diluar periode Polis 
  • Setiap kerugian yang tidak sesuai dengan ketentuan polis
Kembali keatas^
Q.5 Apakah diperlukan Medical Check Up untuk mengajukan asuransi Simas Covid-19 ini ?
 
A.5

Untuk pengajuan Asuransi Simas Covid-19 tidak memerlukan medical check up terlebih dahulu untuk mengajukan polis asuransi Simas Covid-19.

Kembali keatas^
Q.6 Manfaat apa saja yang ditanggung oleh Simas Covid-19 ini ?
 
A.6

Manfaat yang dijamin adalah penggantian atas biaya pengobatan yang terjadi apabila Tertanggung menjalani perawatan inap atau rawat jalan di rumah sakit/klinik akibat terdiagnosa positif penyakit pandemi Covid-19.

 

Kembali keatas^
Q.7 Penjaminan dimulai kapan ?
 
A.7

Penjaminan berlaku setelah polis disetujui dan diterbitkan.

Kembali keatas^
Q.8 Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan klaim ?
 
A.8

Persyaratan dokumen pengajuan klaim Simas Covid-19 sebagai berikut : 

  • Formulir Klaim (asli)
  • Resume Medis dan Kwitansi-kwitansi dari Rumah Sakit beserta perincian dari biaya-biaya yang dikeluarkan (asli)
  • Hasil pemeriksaan penunjang berupa hasil test Swab / PCR yang menyatakan Tertanggung positif Covid-19
  • Surat Kuasa kepada Penanggung untuk meminta informasi kepada pihak Rumah Sakit yang merawat (asli)
  • Surat-surat Keterangan lain yang diperlukan menurut pertimbangan Penanggung
Kembali keatas^
Q.9 Bagaimana prosedur klaim nya ?
 
A.9

Klaim dilakukan secara reimbursement, dengan prosedur sebagai berikut : 

  • Pada saat kejadian yang mengakibatkan tuntutan klaim pada Polis ini, Pemegang Polis/Tertanggung/Wakil Tertanggung harus mengisi dan menandatangani Formulir Klaim serta mengirimkan seluruh dokumen pendukung pada setiap pengajuan klaim kepada Penanggung sesegera mungkin dan selambat-lambatnya dalam waktu 90 (Sembilan puluh) hari setelah tanggal kejadian atau setelah lepas perawatan inap akibat penyakit Covid-19. Dokumen-dokumen lain atau bukti apappun yang dibutuhkan Perusahaan untuk membuktikan klaim harus disediakan oleh Tertanggung dengan biaya sendiri.
  • Perusahaan melakukan pembayaran santunan ke rekening Tertanggung/ wakilnya dalam waktu 14 (tiga puluh) hari kerja setelah dokumen yang diterima oleh Perusahaan secara lengkap (kecuali jika klaim yang diajukan oleh Pemegang Polis/Tertanggung/Wakil Tertanggung masih dalam proses investigasi).
Kembali keatas^
Q.10 Bagaimana Contoh Simulasi Pembayaran Klaim ?
 
A.10

Untuk Contoh Simulasi Pembayaran Klaim Simas Covid-19 :

Tertanggung a/n Tn. FACHRUDDIN memiliki Asuransi Simas Covid-19 dengan nilai pertanggungan Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) dengan periode polis 01 Januari 2021 sd 31 Deember 2021.
 
Pada tanggal 01 Februari 2021, Tertanggung mengalami keluhan demam tinggi dan gejala batuk pilek sehingga memutuskan ke dokter terdekat. Berdasarkan gejala tersebut dokter menyarankan pelaksanaan rapid test dengan hasil reactive. Atas hasil rapid test Tertanggung disarankan menjalankan PCR test dan didapatkan hasil : positif. Tertanggung dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan atas diagnosa Covid-19 dan dirawat sejak tanggal 05 Februari 2021 sd 20 Februari 2021. Tertanggung mengajukan klaim dengan perincian sebagai berikut :

Keterangan   Jumlah (Rupiah) Status
Konsultasi Dokter Umum + APD   200.000 Liable/Dapat dibayar
Rapid Test   200.000 Liable/Dapat dibayar
PCR Test   1.800.000 Liable/Dapat dibayar
Perawatan di Rumah Sakit   30.000.000 Liable/Dapat dibayar
Ongkos Transportasi pribadi   300.000 Tidak dijamin Polis
Total klaim diajukan :    32.500.000 


Dan klaim yang setuju dibayarkan yaitu sebagai berikut : Konsultasi Dokter Umum : Rp.200.000 (Liable/Dapat dibayar), Rapid Test : Rp.200.000 (Liable/Dapat dibayar), PCR Test : Rp.1.800.000 (Liable/Dapat dibayar), Perawatan di Rumah Sakit : Rp.30.000.000 (Liable/Dapat dibayar), Ongkos Transportasi pribadi : Rp.0 (Tidak dijamin Polis ), Dengan total klaim diajukan : Rp.32.200.000. Sehingga total klaim yang dibayarkan oleh Asuransi Sinar Mas sebear Rp.32.200.000

Kembali keatas^
Q.11 Bagaimana Cara Mengajukan Keluhan atau Pengaduan Terkait dengan Polis Asuransi Simas Covid-19 ?
 
A.11

Tertanggung dapat mengajukan keluhan atau pengaduan terkait dengan polis asuransi Simas Covid-19 ini melalui surat, email, telepon atau datang ke kantor cabang PT. Asuransi Sinar Mas.
- Hotline 24 jam (021) 5050 7888
- Email ke info@sinarmas.co.id / cs_simassehat@sinarmas.co.id 

Kembali keatas^