Yuk Cari Tahu Cara Tetap Fit dan Bugar Saat Berpuasa!

Kita mungkin tahu bahwa sudah memasuki masa puasa di bulan Ramadan ini. Puasa dilakukan selama bulan ramadhan. Berpuasa membutuhkan tenaga yang cukup untuk bisa berpuasa dengan efektif. Yuk cari tahu cara tetap fit dan bugar saat berpuasa! Simak informasinya di bawah ini ya :

1. Jangan tidur saat sahur 
Ini merupakan cara yang mungkin sederhana untuk tetap fit dan bugar saat berpuasa. Sahur sendiri adalah bagian untuk menambah tenaga dan asupan selama puasa ini selama seharian beraktifitas. Konsumsi makanan yang mengandung serat dan protein juga dibutuhkan saat sahur atau puasa.

2. Minum air putih dengan cukup 
Tubuh kita sangat membutuhkan cairan selama berpuasa, karena sebagian dari tubuh kita berupa cairan. Maksimalkan cairan pada tubuh sebanyak 8-12 gelas air putih sehari.

3. Olahraga
Jangan hiraukan untuk berolahraga selama masa puasa ini, karena puasa sendiri bukanlah halangan untuk hidup sehat. Kalian bisa berolahraga dengan intensitas ringan, dengan cara berjalan kaki, jogging, dan mungkin bersepeda. 

4. Makan secukupnya 
Makan merupakan hal yang dinanti selama berpuasa apalagi saat buka puasa. Sebagian mungkin merasa sangat lapar sehingga mengakibatkan makan yang berlebihan atau kalap. Namun dengan seperti itu tidak membuat efisien untuk perut, melainkan membuat perut kembung karena langsung mencakup makanan yang cukup banyak.

5. Istirahat yang cukup
Pola tidur juga sangat penting untuk tubuh karena mengantuk saat berpuasa sangatlah tidak membuat puasa kalian berjalan dengan lancar. Usahakan untuk tidak begadang agar tubuh dapat menopang dan tidak kelelahan saat bangun sahur, dan jika kelelahan saat sahur dapat membuat ngantuk dan tidak sahur.

Pastikan berpuasa dengan tenaga yang cukup juga, karena berpuasa tidak dengan tubuh yang fit akan mengakibatkan sakit yang parah. Tubuh yang mempunyai badan dan energi yang kuat mungkin akan membuat kita bisa menjalankan dengan baik. Dan tips di atas mungkin bisa membantu kalian yang berpuasa agar tetap efektif dan semangat dalam menjalani ibadah yaitu berpuasa. Konsumsi sayur dan buah kaya air saat sahur juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan, seperti pear, timun, tomat, dan jeruk. Dan usahakan juga untuk menghindari mengkonsumsi teh dan kopi saat berpuasa untuk menghindari dehidrasi. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya!

Kembali ke daftar berita >