Tips Road Trip Aman Saat Pandemi

Tips Road Trip Aman Saat Pandemi

Road trip terasa menyenangkan jika dilakukan bersama kerabat dekat. Meski pandemi, kegiatan road trip tetap dapat dilakukan loh! Meski terdapat risiko terpapar virus Covid-19, tidak ada salahnya memastikan keamanan dan kebersihan mobil serta mengurangi interaksi dengan orang lain. Anda cukup mengandalkan mobil pribadi maupun sewaan untuk mengajak kerabat atau keluarga untuk berlibur ke kota lain, sekaligus untuk melepas kepenatan.

Jika Anda sudah yakin untuk road trip di masa pandemi ini, yuk simak tips berikut ini :

1. Pilih daerah zona hijau Covid-19

Kasus harian Covid-19 yang masih tinggi membuat Anda harus jeli memilih kota tujuan berlibur untuk menghindari potensi paparan Virus Covid-19. Carilah kota yang memiliki status zona hijau yang ‘lebih aman’ dikunjungi, saat pandemi sekarang ini. Liburan pun akan jadi lebih menyenangkan, bukan?

2. Perhatikan kondisi mobil

Karena akan dibawa untuk perjalanan jauh, maka Anda harus memperhatikan kondisi mobil agar kuat diajak jalan jauh. Mulai dari pengecekan kondisi ban, apakah cukup angin dan kondisinya masih oke, serta jangan lupa periksa kondisi ban serep. Cek juga kondisi oli mesin, agar mobil enak dibawa perjalanan jauh dan jangan lupa periksa kondisi air radiator serta minyak rem. Tak lupa, proteksi mobil Anda dengan asuransi mobil juga ya!

3. Bawa perlengkapan wajib bepergian saat pandemi

Melakukan perjalanan di saat pandemi mengharuskan Anda membawa perlengkapan kesehatan wajib untuk melindungi diri dan keluarga. Mulai dari masker medis atau masker kain untuk dipakai beserta cadangannya, hand sanitizer, air desinfektan untuk membersihkan bagian interior kabin mobil, tisu antiseptic maupun tisu kering. Agar rapi dan mudah dicari jika diperlukan, Anda bisa menggunakan travel bag organizer untuk menyimpan berbagai barang bawaan dengan rapi. 

4. Atur kondisi dalam mobil dengan rapi

Saat akan berangkat, sebisa mungkin atur barang bawaan dengan rapi agar perjalanan Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Letakkan tas berisi pakaian di bagasi belakang dan sisakan hal-hal penting saja di dashboard depan maupun di belakang car seat. Anda bisa menggunakan car organizer, yang punya banyak saku untuk menyimpan barang-barang kecil penting selama perjalanan. 

5. Kurangi mampir ke fasilitas umum

Selama perjalanan, ada baiknya untuk mengurangi terlalu sering mampir ke fasilitas umum jika memang tidak perlu, seperti rest area, pom bensin, toilet umum, supermarket, rumah ibadah maupun toko oleh-oleh yang terlihat ramai dari luar. Jika pun Anda mau mampir ke rest area, perhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan atau pakai hand sanitizer setelah menyentuh berbagai benda, pakai masker double saat berada di area rest area dan menjauhi kerumunan serta menjaga jarak dengan orang lain.

Semoga tips-tips tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda lakukan jika ingin road trip di masa pandemi. Agar merasa aman dan terproteksi, jangan lupa lindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi kecelakaan diri dan asuransi kesehatan ya! Selain itu pastikan juga kondisi kesehatan Anda dan keluarga dalam kondisi prima agar tidak mudah terserang penyakit saat bepergian jauh. Selamat bepergian dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan di mana pun Anda berada ya!

Sumber : Suara.com

Kembali ke daftar berita >