Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tidak terasa setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa, saatnya bagi kita untuk memasuki Hari Raya Idul Fitri. Saat yang paling ditunggu-tunggu, mudik lebaran untuk bertemu dengan keluarga tercinta. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran. 

Yuk simak dulu tips-tipsnya di bawah ini!

Kunci Pintu, Jendela, dan Pagar
Keamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kamu sudah mengunci pintu, jendela, dan pagar. Karena demi keamanan, perhatikan juga kualitas kunci atau gembok yang kamu gunakan untuk pintu, jendela, dan pagar rumahmu.

Simpan Barang Berharga
Di dalam rumah pastinya terdapat semua barang-barang yang dibutuhkan. Mulai dari barang untuk melakukan kegiatan sehari-hari, bahkan sampai barang berharga sekalipun. Pastikan barang berharga ditaruh di tempat terpisah dan dikunci pada brankas atau tempat penyimpanan yang aman.

Nyalakan Lampu Teras 
Agar tidak terkesan kosong, salah satu caranya dengan menyalakan lampu teras di siang hari atau pada malam hari dengan menggunakan timer. Karena rumah yang terlihat gelap dan kosong dapat mengundang tindakan kejahatan. 

Matikan semua peralatan elektronik
Sebelum pergi mudik, ada baiknya untuk mencabut semua kabel yang terhubung dengan listrik. Selain itu pastikan kompor dan peralatan memasak dalam keadaan mati. Melepaskan colokan kabel dari stop kontak akan mengantisipasi terjadinya hubungan pendek arus listrik atau korsleting. Pastikan juga selang gas sudah dicabut, karena bisa berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran jika terjadi kebocoran gas.

Informasikan
Pastikan kamu sudah memberikan informasi kepada RT/RW dan security di sekitar tempat tinggalmu, bahwa tempat tinggalmu akan ditinggal beberapa saat untuk mudik lebaran, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian atau tindak kejahatan lainnya.

Agar rumah lebih aman dan terproteksi, jangan lupa untuk membeli asuransi rumah, sehingga kamu bisa mudik dengan lebih tenang dan terhindar dari risiko kerugian akibat hal-hal yang tidak diinginkan pada tempat tinggalmu, ya!

Jadi, apakah kamu sudah siap mudik lebaran? Stay safe!

Kembali ke daftar berita >