Suara Hujan Bisa Membuat Mudah Tidur, Mitos atau Fakta

Musim hujan akhir-akhir ini mulai menghampiri. Bagi sebagian orang, suara hujan mampu meredakan kecemasan dan membuat menjadi lebih mudah tertidur. Selain suara, ada pula faktor-faktor lain saat hujan yang dapat membuat Anda lebih rileks dan mudah mengantuk. Selain itu, suara rintik hujan juga sering digunakan dalam meredakan perasaan cemas. Benarkah suara hujan dapat membuat orang cepat tidur? Suara hujan masuk dalam kategori white noise. White noise sendiri adalah hasil kombinasi frekuensi suara yang membantu untuk menutupi kebisingan lain dari luar. Bisa membuat orang cepat tidur, jenis suara ini kerap digunakan dalam menangani pasien insomnia.

 

Selain masuk dalam kategori white noise, berikut sejumlah alasan mengapa suara hujan membuat Anda cepat tidur :

 

1. Meningkatnya kandungan ion negatif di udara

Kemunculan kilat dan gesekan antara air hujan dengan udara diketahui menghasilkan banyak ion negatif. Meningkatnya jumlah ion negatif di udara ini memengaruhi sistem pernapasan, peredaran darah, saraf, dan kardiovaskular Anda. Dengan ini, Anda akan merasa lebih nyaman. Ion negatif juga memiliki efek menenangkan dan hipnosis, yang dapat membuat Anda lebih mudah untuk terlelap.

 

2. Terdengar seperti lagu pengantar tidur

Ritme suara hujan yang terdengar seperti lagu pengantar tidur dapat membantu Anda untuk lelap lebih cepat. Menurut sejumlah penelitian, masuknya bunyi hujan ke dalam otak dapat membuat pikiran jadi rileks. Proses ini juga menghasilkan gelombang alfa, yang sangat dekat dengan keadaan otak manusia saat tidur. Meski demikian, munculnya suara petir di tengah hujan diketahui dapat membuat orang menjadi stres. Pasalnya, kadar hormon kortisol dalam tubuh manusia turut meningkat saat ia mendengarkan bunyi petir.

 

3. Turunnya kadar oksigen di udara

Saat hujan, jumlah oksigen di udara cenderung menurun dan tekanan udara menjadi lebih rendah karena peningkatan kelembapan udara. Kondisi ini kemudian membuat otak menjadi rileks, lalu menimbulkan rasa kantuk.

 

4. Meningkatnya produksi melatonin

Hujan membuat keadaan di sekitar Anda menjadi lebih gelap. Dalam kondisi gelap, akan terjadi peningkatan produksi hormon yang berkaitan dengan tidur, yaitu melatonin. Meningkatnya produksi hormon melatonin dalam tubuh niscaya dapat membuat Anda mengantuk dan bisa tidur dengan cepat.

 

5. Terbatasnya aktivitas saat hujan

Saat musim hujan, aktivitas di luar ruangan otomatis akan terbatas. Berkat tidak adanya kegiatan dan dukungan suasana nyaman karena suara hujan, rasa kantuk akan lebih mudah muncul dan membuat Anda tertidur. Namun harap diingat bahwa tertidur saat hujan sejatinya tidak memberikan kualitas tidur yang baik. Pasalnya, hujan akan menurunkan kadar oksigen di udara. Akibatnya, Anda akan tetap lemas dan mengantuk ketika bangun tidur.

 

Bagi sebagian orang, suara hujan dapat membuat mereka lebih mudah tertidur. Tetapi unsur lain seperti angin, petir, dan kilat pun bisa mengakibatkan kecemasan untuk orang-orang tertentu. Apabila suara hujan dirasa mengganggu kondisi psikologis Anda, segeralah berkonsultasi dengan dokter jiwa atau psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ternyata suara hujan bisa membuat mudah tidur merupakan fakta loh!


Sumber : Sehatq.com

Kembali ke daftar berita >