PT Asuransi Sinar Mas Menyelenggarakan Pelatihan Shibori Lanjutan dan Ecoprint di Rumah Kreatif Sinar Mas

Dolok Sanggul, 25 Juni 2019, PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) melalui Rumah Kreatif Sinar Mas menyelenggarakan pelatihan tie - dye (Shibori) dan Ecoprint bagi masyarakat kabupaten Humbang Hasundutan. Rumah Kreatif Sinar Mas merupakan wadah kegiatan Corporate Social Responsibility PT. Asuransi Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan yang didirikan sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap Nota Kesepahaman antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan Kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi wisata baru di Indonesia.

Pada bulan Juli tahun 2016, Rumah Kreatif Sinar Mas telah menyelenggarakan Pelatihan Teknik Ikat Celup (tie-dye) dan pembuatan kemasan berbasis eco fashion. Dua orang pemudi berhasil menghasilkan kain dengan berbagai motif indah dari ilmu yang didapat saat pelatihan dan dikenal dengan nama kain Humbang Shibori.

Humbang Shibori dibuat melalui tangan-tangan terampil pegiat Humbang Shibori dengan menggunakan teknik ikat, lipat dan jelujur. Dari dua orang pegiat Humbang Shibori, kini telah berkembang menjadi 40 an orang pegiat yang berasal dari Desa Matiti dan Desa Parsingguran.

Seiring berjalannya waktu, Humbang Shibori semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya di Indonesia tetapi bahkan sampai ke Mancanegara. Produk-produknya yang memiliki keunikan pada setiap motif dan pewarnanya yang menggunakan pewarna alam menjadikan produk ini mendapat antusias luar biasa saat mengikuti Jakarta Fashion Week 2019.

Untuk meningkatkan kreativitas pegiat, mulai 25 Juni 2019 Asuransi Sinar Mas kembali memberikan pelatihan lanjutan kepada 10 orang pegiat Humbang Shibori. Pelatihan selama 2 hari ini diadakan di Rumah Kreatif Sinar Mas di Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Variasi teknik baru diberikan guna menambah keterampilan para pegiat sehingga dapat menghasilkan motif yang lebih bervariasi tetapi tetap berbasis pada konsep eco fashion dan zero waste.

"Pelatihan ini merupakan komitmen kami dalam rangka pendampingan kepada pegiat Humbang Shibori. Kami harapkan dengan adanya teknik baru maka motif kain Humbang Shibori dapat lebih bervariasi, diminati banyak orang dan pada akhirnya bisa semakin memperluas lapangan kerja bagi masyarakat setempat" ujar Dumasi MM Samosir.

Pelatihan diberikan Asuransi Sinar Mas bekerjasama dengan pelatih Susi Gantina, seorang pegiat Shibori yang telah banyak dipercaya memberikan pelatihan.

Tak hanya itu saja, Asuransi Sinar Mas juga mengadakan pelatihan ecoprint sebagai bagian dari kegiatan di Sentra Kriya Rumah Kreatif Sinar Mas. Ecoprint merupakan teknik memberi pola dan warna pada bahan atau kain menggunakan bahan alami dengan memanfaatkan dedaunan serta bunga.

Pelatihan selama 2 hari mulai tanggal 28 Juni 2019 diberikan kepada 10 (sepuluh) orang pemuda/1 yang berasal dari wilayah Tipang, Kecamatan Bakti Raja dan sekitarnya.

"Pemilihan tempat pelatihan yang berbeda dari pelatihan shibori didasarkan pada konsep "one product one village". Harapan kami di setiap wilayah nantinya memiliki produk unggulan masing-masing dengan menampilkan ciri khas lokal tiap daerah" jelas Dumasi

Rumah Kreatif Sinar Mas memiliki berbagai kegiatan selain di Sentra Kriya, yaitu Sentra Buku, Sentra Bermain, Sentra Komputer dan Sentra Audio Visual yang selalu mengadakan kegiatan rutin setiap harinya.

Kembali ke daftar berita >