Pilih-Pilih Mobil Keluarga Sesuai Kebutuhan di Tahun Baru

Tahun baru akan segera datang, produsen mobil membuat banyak inovatif modern untuk terus bisa bersaing. Mulai dari model, fitur-fitur modern hingga harga sangat terjangkau ditawarkan. Akhir tahun moment yang paling tepat untuk mengganti mobil keluarga lama dengan mobil baru. Pada saat akhir tahun ini banyak potongan harga sampai promosi yang ditawarkan.

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) istilah untuk mobil keluarga masih menguasai pilihan bagi masyarakat di Indonesia sampai sekarang. Terbukti setiap tahunnya permintaan mobil jenis MPV semakin bertambah. Memiliki kapasitas banyak dalam menampung penumpang alasan utama memilih mobil jenis ini, selain itu ukuran ruang kabin yang begitu luas menjadi lebih fungsional menemani berbagai kegiatan.

Ingin mengganti mobil di tahun yang baru? Jawaban pasti iya, saya ingin mengganti mobil baru. Nah inilah tips membeli jenis mobil keluarga untuk mewarnai tahun baru anda :

1. Jumlah Penumpang
Pertimbangan yang utama saat membeli mobil keluarga adalah jumlah tempat duduk (seat) harus mampu menampung semua anggota keluarga. Dasar utama yang harus diketahui dan pahami, biasanya mobil memiliki 4 tempat duduk cocok untuk keluarga. Namun apabila mobil dengan 7 tempat duduk sangat cocok dengan keluarga yang memiliki lebih 2 orang anak.

2. Kapasitas Mesin Mobil
Langkah selanjutnya saat memilih mobil keluarga yaitu kapasitas mesin mobil. Tentunya selain menginginkan mobil yang bagus juga harus memiliki kemampuan tenaga maksimal saat penggunaanya.

3. Kapasitas Mesin Mobil
Langkah selanjutnya saat memilih mobil keluarga yaitu kapasitas mesin mobil. Tentunya selain menginginkan mobil yang bagus juga harus memiliki kemampuan tenaga maksimal saat penggunaanya.

4. Konsumsi Bahan Bakar
Sebuah mobil mempunyai pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional yaitu biaya bahan bakar. Alangkah lebih baiknya harus mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil setiap liter konsumsi bahan bakar. Semakin jauh jarak tempuh per liter bahan bakar maka akan semakin irit mobil tersebut.

5. Fitur Keselamatan
Pilih mobil keluarga dengan memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai, seperti seat belt pada semua tempat duduk penumpang, sistem penguncian otomatis pada pintu serta kaca jendela, airbag, dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system).

6. Kenyamanan
Mobil keluarga identik dengan perjalanan jauh dan kebersamaan keluarga, pastinya harus memiliki tingkat kenyamanan tinggi. Kenyamanan mobil harus memenuhi beberapa hal diantaranya tempat duduk empuk, AC sejuk, ruang yang lega, suspensi empuk, dan suara yang senyap.

7. Ketersedian Layanan Purna Jual
Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkan. Adanya ketersedian layanan purnal jual sangat membantu dan mudah mendapatkan kelebihan seperti service resmi, suku cadang asli, dan klaim garansi.

8. Biaya Perawatan
Lakukan perbandingan biaya perawatan mobil yang anda minati dengan mobil sejenisnya. Semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan dan harga komponen suku cadangnya. Oleh karena itu pilihlah mobil sesuai dengan kemampuan anda.

9. Nilai Jual Mobil
Dalam memilih mobil yang akan dibeli harus mempertimbangkan nilai jualnya kembali. Dalam hukum penawaran dan permintaan, mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi dibanding mobil sejenisnya.

10. Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan Finansial
Jangan sampai membeli mobil untuk menuruti emosi maupun gengsi semata, tetapi belilah mobil yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan anda. Hakikatnya orang mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan ideal, namun kebanyakan saat memilih mobil lebih mementingkan gensi semata. Bila dicermati mobil pasti akan berkuarang nilainya seiring berjalannya waktu.

11. Test Drive
Tidak bisa hanya membayangkan serta mendengar semua fitur mobil dari cerita orang dan keterangan brosur. Untuk lebih pasti dalam memenuhi kriteria harus mencoba langsung dan jangan lupa mengajak anggota keluarga agar bisa memastikan juga suka dengan mobil itu.

Aspek-aspek penting diatas dapat membantu memberikan pertimbangan ketika saat membeli mobil keluarga. Pastinya tidak ingin pilihan anda salah dan mampu menimbulkan dampak buruk bagi anda dan keluarga anda.

 

Kembali ke daftar berita >