Persiapan Menghadapi Potensi Banjir

Memasuki musim hujan tahun ini, ada baiknya kita berjaga-jaga sebelum bencana banjir datang. Karena banjir merupakan bencana yang bisa terjadi di mana saja khususnya di Indonesia. Bencana tersebut bisa mengakibatkan kerugian secara materi yang besar, apalagi jika kita tidak mempunyai asuransi tempat tinggal. Berikut ini merupakan persiapan menghadapi potensi banjir, cocok untuk cuaca musim hujan seperti sekarang ini :

1. Mengenali dan Mengetahui Daerah Tempat Tinggal
Periksa daerah rumah anda apakah berisiko tinggi jika hujan datang dan menimbulkan banjir. Tidak hanya rentan di dataran rendah, di dataran tinggi pun juga berisiko adanya longsor atau pohon tumbang. Selalu cek berita terkini dari sosial media, TV, Radio dan berita akurat lainnya.

2. Amankan Barang
Sebelum banjir datang, amankan dahulu barang elektronik, kabel listrik dan barang berharga lainnya ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Jadi ketika banjir datang, setidaknya sudah meminimalisir kerusakan yang terjadi.

3. Menyiapkan Tas Emergency
Sebelum terjadi bencana banjir tersebut, ada baiknya anda menyiapkan tas emergency. Tas emergency tersebut berisi obat p3k, baju ganti, biskuit, mie instan atau persediaan makanan jadi lainnya, air minum, selimut, charger, senter dll. Tas ini sangat berguna untuk meringkas barang bawaan anda ketika akan mengungsi ke tempat yang lebih baik. Tas berisi surat-surat penting boleh disiapkan dalam satu tas bersebelahan dengan tas emergency.

4. Selalu Standby Informasi Terbaru
Sebelumnya kita sudah mendapat informasi dari berita terkini jika ada turun hujan dalam intensitas tinggi dan berpotensi banjir. Ada baiknya kita selalu dengarkan berita tersebut, bisa melalui TV, Radio dan media lainnya. Jadi jika bencana banjir itu akan datang, kita akan memperkirakan waktu yang sempat kita lakukan untuk mengungsi ke tempat lain.

5. Berjaga-jaga dan Ikuti Arahan Terkait
Selalu berjaga-jaga jika sudah mengungsi dan pastikan untuk tidak kembali dahulu ke daerah tempat tinggal yang terdampar banjir. Jika pihak terkait belum menginfokan daerah tersebut sudah aman, baiknya kita terus berdoa dan menunggu di tempat pengungsian.

Lebih baik melakukan pencegahan untuk meminimalisir potensi dampak tersebut, daripada tidak sama sekali. Stay safe everyone!

Sumber : Rainbow International Restoration

Kembali ke daftar berita >