Pencegahan Penularan Pneumonia Coronavirus

Kasus pneumonia berat yang terjadi di kota Wuhan, China sejak 31 Desember 2019 diduga disebabkan oleh keluarga besar coronavirus. Salah satu jenis virus ini pernah menimbulkan pandemi di dunia tahun 2003 yang dikenal sebagai Severe Acute Respiratory Syndrom (SARS). Gejala pneumonia coronavirus adalah demam, batuk dan kesulitan bernapas.

Hingga saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penularan pneumonia coronavirus, meski demikian kita tidak usah panik dan tetap waspada.

1. Lakukan Tindakan Pencegahan Secara Pribadi dengan Cara :
- Cuci tangan secara rutin dan benar  terutama sebelum makan dan saat makan, sebelum memegang mulut, hidung dan mata, ketika tangan kotor oleh sekret pernapasan saat bersin / batuk serta setelah menggunakan fasilitas umum seperti toilet dll.
- Mencuci tangan yang benar : dengan air dan sabun cair lalu bilas sekitar 20 detik dan keringkan dengan tisu / handuk bersih
- Buang tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah tertutup
- Menutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan (bukan telapak tangan) saat bersin / batuk.
- Bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, kenakan masker dan segera cari pertolongan ke Rumah Sakit terdekat, jangan di tunda !
- Stop merokok

2. Tindakan Pencegahan Jika Melakukan Perjalanan (travelling) :
- Sebaiknya hindari mengunjungi kota - kota yang telah terkonfirmasi terpapar pneumonia coronavirus untuk saat ini
- Hindari kontak dengan hewan hidup, ternak dan hewan liar
- Hindari mengunjungi pasar basah, peternakan atau pasar hewan hidup.
- Hindari tempat - tempat ramai dan kontak dekat dengan orang yang menunjukan gejala sakit
- Masaklah daging, telur dan produk hewan lainnya hingga matang
- Jika merasakan keluhan demam, batuk dan kesulitan bernapas di daerah yang sedang dikunjungi, segera kenakan masker dan cari bantuan Medis.
- Setelah kembali dari perjalanan (travelling)  segera berkonsultasi ke Dokter dan informasikan tentang riwayat sebelumnya.

Salam sehat,
Team Dokter Simas Sehat

Kembali ke daftar berita >