Membangun dengan aman bersama Surety Bond

Majalah Investor edisi Mei 2013

Selama ini kita mengenal bahwa penjaminan umumnya dilakukan oleh institusi Bank dalam bentuk Bank Garansi. Namun sejalan dengan perkembangan industri dan meningkatnya kebutuhan para pelaku bisnis akan penjaminan, Perusahaan Asuransi yang mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (sebelumnya : Departemen Keuangan), juga dapat menerbitkan penjaminan yang sama , yakni dalam bentuk Surety Bond.

Surety Bond adalah Penjaminan atas suatu resiko dalam bentuk Perjanjian Tambahan terhadap Perjanjian Pokok/ Kontrak yang diberikan oleh
"Penjamin" (Surety) yaitu Perusahaan Asuransi kepada "Kontraktor" (Prinsipal) atas kesanggupannya untuk melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Perjanjian Pokok (Kontrak) yang dibuat antara Pemilik Proyek ( Obligee ) dengan Prinsipal, dan apabila Prinsipal tidak melaksanakan kewajibannya sesuai dengan ketentuan dalam Kontrak, maka Surety akan membayar ganti rugi kepada Obligee sebesar maksimum Nilai Jaminan. Surety Bond dapat digunakan untuk menjamin keperluan Tender, Pelaksanaan , Uang Muka, Masa Retensi dan juga Jaminan Pembayaran. 

Kembali ke daftar berita >