Mau Ke Bandara Naik Kereta, Yuk Simak Caranya

Kereta Bandara Soekano-Hatta sudah beroperasi dan bisa digunakan oleh masyarakat. Hal ini ditandai saat dilakukan peresmian yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo awal tahun ini.

Pasti sudah banyak yang sudah mencoba kereta Bandara Soekarno-Hatta, namun masih ada juga yang belum. Bagi anda yang belum pernah mencoba dan ingin sekali mencoba, tidak perlu khawatir.

Berikut cara menggunakan kereta Bandara Soekarno-Hatta yang anda bisa lakukan :

1. Lakukan Pengecekan Stasiun Pemberangkatan
Anda harus mengetahui rute perjalanan menuju Bandara Soekarno-Hatta yaitu dari stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Soekarno-Hatta. Sampai saat ini bagi anda yang ingin mencoba belum bisa berangkat dari stasiun kereta api Manggarai dan stasiun Duri, karena masih dalam tahap proses pembangunan (konstruksi)

Jadi anda hanya bisa memulai dari stasiun Sudirman Baru dan stasiun Batu Ceper.

2. Jadwal Keberangkatan
Telah disiapkan 10 trainset kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta yang dapat menampung sebanyak 33 ribu penumpang setiap harinya. Terdiri dari 12 rangkaian yang memiliki 42 bangku dengan total angkut 272 penumpang disiapkan oleh PT Rainlink.

Dalam sehari frekuensi perjalanan mencapai 80 kali, dimana waktu penjemputan setiap 15 dan 30 menit saat jam sibuk. Keberangkatan awal di stasiun Sudirman Baru menuju bandara dimulai pada pukul 03.21 WIB dan kereta terakhir pukul 22.51 WIB. Sedangkan rute perjalanan sebaliknya dari bandara Soekarno-Hatta menuju Sudirman Baru dimulai pukul 04.00 WIB sampai pada kereta terakhir pukul 00.40 WIB.

3. Memperkirakan Waktu Keberangkatan
Sebelum membeli tiket menuju Bandara Soekarno-Hatta, lebih baiknya anda estimasi waktu yang dibutuhkan dari rumah hingga ke bandara. Jarak tempuh dari stasiun Sudirman Baru ke bandara memakan waktu 54 menit, tidak lupa juga menghitung waktu yang dibutuhkan dari rumah anda ke stasiun Sudirman Baru.

Perkiraan waktu tempuh dibuat agar anda tidak terburu-buru saat melakukan check in keberangkatan pesawat dan mengantisipasi kejadian paling buruk yaitu tertinggal pesawat.

4. Pelajari Membeli Tiket Kereta Bandara
Membeli tiket kereta api ke bandara memiliki dua cara. Pertama anda bisa datang langsung ke stasiun keberangkatan (Sudirman Baru) lalu melakukan transaksi di vending mechine dengan layanan transaksi non tunai (debit atau kredit). Anda akan diminta memilih jadwal keberangkatan serta jumlah tiket, sehabis itu masukan nama, nomor ponsel. Jika berhasil tiket serta struk keluar, estimasi transaksi membutuhkan 1-2 menit.

Cara kedua menggunakan aplikasi Rainlink yang dapat anda download di Google Play Store dan Apple App Store. Selain itu juga dapat membuka laman reservation.ranlink.co.id dengan sistem pembayaran via internet banking dan Doku Wallet.

Sangat perlu diketahui setiap pembelian akan ditutup 20 menit sebelum keberangkatan atau kapasitas penumpang sudah penuh. Gerbang akan dibuka 20 menit sebelum berangkat, selama waktu itu penumpang masih bisa naik.

5. Pergi ke Stasiun Sudirman Baru
Stasiun Sudirman Baru berada dekat dengan stasiun kereta api sudirman. Kurang lebih hanya berjalan sekitar 20 meter saja. Untuk sampai ke stasiun Sudirman Baru ada banyak cara ke sana diantaranya :

Pertama bila kamu menggunakan commuter line, bisa turun di stasiun Sudirman lalu keluar dari stasiun di pintu peron menuju Tanah Abang ke arah jalan blora. Setelah itu kamu bisa berjalan lewat terowongan sekitar 20 meter.

Kedua kamu bisa menggunakan Transjakarta. Ada dua rute yang disiapkan untuk feeder kereta Bandara. Koridor I Stasiun Sudirman Baru - Gambir dengan rute Hotel Indonesia-Sarinah-Bank Indonesia-Patung Kuda-Stasiun Gambir-Istana-Monas-lalu kembali ke Bank Indonesia-Sarinah-Hotel Indonesia-keluar di jalur Blora-lalu Stasiun Sudirman Baru.
Sedangkan koridor 9 Stasiun Sudirman Baru - Menteng dengan rute Stasiun Sudirman Baru-lalu putar di Hotel Indonesia-Tosari-Dukuh Atas-Karet-Semanggi-masuk rute koridor 9 hingga kuningan-Menteng-Hotel Indonesia masuk ke jalan Blora-dan terakhir Sudirman Baru.

Ketiga yaitu menggunakan ojek online ataupun taksi online, cara yang amat mudah dan simple. Hanya dengan memasukan tujuan (Stasiun Sudirman Baru) lalu menunggu mendapatkan driver untuk penjemputan.

6. Bisa Terkoneksi dengan Skytrain
Setelah sampai di stasiun Bandara Soekarno-Hatta langsung terkoneksi dengan bangunan dan Skrytrain. Penumpang bisa berpindah antar terminal menggunakan skytrain (kereta layang). Beroperasi selama 20 jam dalam sehari, mulai pukul 04.27 - 00.17 WIB. Jadwal tersebut menyesuaikan dengan kedatangan kereta api Bandara dan 4 jam sisanya untuk istirahat serta daily maintenance.

Mencoba kereta api Bandara bisa menjadi pengisi liburan akhir pekan kamu. Penasaran kan untuk mencoba kereta api Bandara. Ayo ikuti tips diatas ya.

Selamat mencoba!

 

Sumber : Travel Kompas

Foto : Freepik.com

Kembali ke daftar berita >