Mari Intip Peluang Usaha Yang Akan Booming di 2018

Saat ini adalah era digital, perubahan segala bidang terus berkembang secara pesat. Mulai dari sektor jasa, makanan, properti, dan lainnya akan berkaitan langsung dengan teknologi.

Kecepatan dalam memberikan informasi ditambah dengan karakteristik orang zaman sekarang yang ingin serba cepat membuat setiap kita berlomba-lomba mengambil peluang usaha.

Akibat dari tren digital saat ini, ada beberapa peluang usaha yang akan booming serta digemari, diantaranya :

a. Youtuber

Kita pasti tahu semua apa yang namanya Youtube. Salah satu platform sosial media dimana kita bisa mencari sebuah video yang kita inginkan. Sekarang tidak hanya untuk sekedar hiburan melepaskan rasa lelah melakukan aktivitas sehari-hari, namun sudah bisa menjadi wadah menghasilkan uang.

Buat kamu yang gemar mengupload video sangat disayangkan bila hanya sekedar posting, karena bila video tersebut bisa menghasilkan uang. Profesi ini tidak terpatok dengan jam kerja, cukup menyediakan internet serta kamera handphone saja. Semakin banyak yang menonton video kamu akan semakin banyak pula uang yang dihasilkan.

b. Mendirikan Startup

Semenjak internet masuk ke negara Indonesia, saat itulah menjadi cikal bakal startup bermunculan seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, dan lain-lain. Bahkan hal ini membuat para investor asing melirik dan tak ragu melakukan investasi. Hal ini bertambah marak karena adanya dukungan dari pemerintah dengan mempelopori gerakan seribu startup pada tahun 2020.

c. Jasa Digital Agency

Digital Agency adalah suatu kelompok perusahaan yang menawarkan jasa untuk beriklan dengan memanfaatkan media internet. Bila kamu memiliki perusahaan online dan ingin dapat dikenal cepat yaitu melakukan promosi agar berada di halaman pertama pada mesin pencari google.

Untuk mendapatkan posisi pertama di Google tidaklah mudah, sehingga sangat dibutuhkan digital agency seperti ini. Peluang usaha ini sangat besar dan menjadi banyak dicari karena salah satu foktor yang mempengaruhi ialah era digital dimana semua serba online

d. Usaha Obat-Obatan Herbal


Sekarang-sekarang ini banyak orang sudah mulai dan suka kembali ke alam, karena bahan kimia selain mahal juga dapat memberikan dampak buruk yang membahayakan untuk tubuh kita. Seperti obat-obat yang dikonsumsi ke dalam tubuh kita, sudah beralih ke bahan herbal. Selain aman bagi tubuh, juga harga terjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini dapat dijadikan peluang usaha. Anda dapat menyediakan lahan minimal pekarangan rumah sebagai tempat tanaman herbal yang akan diolah menjadi jamu. Namun tidak perlu khawatir jika tidak memiliki lahan, anda dapat menjadi reseller sebuah supplier obat-obatan herbal.

e. Jasa Cleaning Service


Rendahnya pendapatan yang diterima menjadi faktor utama menjadi cleaning service di luar negeri. Hal ini dilihat oleh pengusaha jasa Cleaning Service dan belakangan ini menjadi tren di kota-kota besar. Peluang usaha ini diprediksi setiap tahunnya akan meningkat, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri.

Tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja, namun usaha jasa Cleaning Service juga memenuhi permintaan kantor. Pastinya kebutuhan akan hal ini terus meningkat dan layak dicoba.

f. Jual Beli Mobil Bekas


Daya konsumsi meningkat setiap tahun, membuat masyarakat Indonesia di beberapa daerah memiliki daya beli besar. Belakangan ini tren menjual beli mobil bekas begitu ramai, karena masyarakat yang belum mampu beli mobil baru akan memilih mobil bekas layak pakai.

Peluang usaha ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para pensiunan, tidak perlu memerlukan keahlian handal. Walau tidak harus memiliki skill yang mumpuni, tapi harus jeli mengenai mesin serta surat-surat kendaraan tersebut.

g. Usaha e-Commerce


Tahun 2010 menjadi tahun menjamurnya usaha e-Commerce dan tahun menjadi salah satu peluang usaha favorit. Usaha ini akan terus naik karena faktor dari pengguna internet semakin banyak sehingga meningkatkan transaksi secara digital.

Dan semakin mudah karena banyak investor milirik usaha ini untuk menanamkan modal. Ditambah pemerintah Indonesia pun mendukung peluang usaha ini dengan adanya roadmap e-Commerce dimana menyediakan arah dan panduan strategis untuk mempercepat pelakasanaan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik periode 2016-2019.

h. Frozen Food
Kesibukan pekerjaan membuat kita tidak sempat masak terutama ibu-ibu wanita karir. Faktor ini menjadi utama setiap kita ingin praktis dan lari kepada makanan frozen karena cepat saji serta mempunyai rasa yang enak.

Usaha ini diprediksi tetap menjadi tren hingga tahun depan, walaupun marak sekali makanan frozen berbahan pengawet. Tak perlu mundur akan situasi seperti itu, karena banyak pula frozen tanpa bahan pengawet yang aman dikonsumsi.

Sedikit tips sewaktu ingin membuka usaha ini alangkah baiknya untuk bisa memiliki produk yang cocok untuk dijual. Banyak pilihan produk seperti bakso, nugget, kentang, sosis, bola udang, kari ayam, dan siomay ayam

i. Usaha Food Truck


Tak jarang kita melihat sebuat truck yang menjual makanan dan minuman. Yups betul sekali itu adalah food truck. Peluang usaha yang tidak pernah surut, namun banyak saingan. Tetapi hal ini bisa diatasi bila kita dapat terus memberikan inovasi-inovasi menarik.

Tidak memerlukan modal yang besar seperti membangun sebuah cafe, hanya membutuhkan sebuah truck sebagai wadahnya. Perlu diingat trucknya harus dihiasi ya. Bila masih belum bisa membeli truck, anda juga bisa menggunakan mobil pick-up namun harus benar-benar di desain dengan amat kreatif.

j. Usaha Desain Grafis


Buat kamu yang suka desain grafis, kini bukan hanya sekedar hobi saja. Sekarang sudah bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dan tidak terpatok dalam satu tempat saja sewaktu mengerjakannya.

Era digital sekarang ini banyak perusahaan sangat membutuhkan desain grafis untuk produksi sebuah iklan promosi yang ingin disampaikan kepada calon konsumen. Tidak hanya iklan saja, desain grafis juga bisa diaplikasikan pada kaos dan pin. Jadi banyak peluang usaha dari keterampilan ini.

Ayo mana yang menjadi passion kamu untuk membuka usaha? Ambil peluang itu dan lakukan dengan hati senang dan tekun.

 

Sumber : Artikel : Go UKM

Sumber : Gambar

Kembali ke daftar berita >