Manfaat Lidah Buaya

Mengisi waktu santai di rumah, tidak ada salahnya menanam dan merawat tanaman lidah buaya. Manfaat dari lidah buaya memang beragam dan berguna. Berikut beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda nikmati, yakni : 

 

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai jus untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebab, bagian luar lidah buaya mengandung antrakuinon yang memiliki efek pencahar. Meski demikian, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak, serta tetap berhati-hati saat membersihkan dan mengolahnya.

 

  1. Mengobati jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kulit wajah yang sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan cotton bud.

 

  1. Mengobati luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat oles pada luka bakar derajat satu dan derajat dua. Penyembuhan luka bakar menggunakan gel lidah buaya dipercaya dapat mempercepat proses regenerasi kulit.

 

  1. Meningkatkan kesehatan mulut

Pasta gigi dan obat kumur yang mengandung lidah buaya dapat membantu mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Selain itu, penggunaan produk kebersihan rongga mulut yang mengandung lidah buaya, juga dapat mencegah infeksi jamur di rongga mulut, serta radang gusi.

 

  1. Mencegah kerutan di wajah

Manfaat ini bisa didapatkan dengan menggunakan gel (lendir dalam daging) lidah buaya secara langsung ke kulit atau mulut. Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan atau minuman seperti jus lidah buaya. 

 

Berbagai manfaat yang dapat Anda dapatkan dari menanam lidah buaya ternyata cukup banyak loh! Tentu berguna bagi tubuh dan kesehatan. Yuk mulai tanam lidah buaya dari sekarang~


Sumber :  Sehatq.com

Kembali ke daftar berita >