Manfaat Dari 4 Jenis Vitamin yang Larut dalam Lemak

Menjaga kesehatan tubuh sangat penting di masa pandemi seperti sekarang ini. Salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin. Terdapat dua jenis vitamin yaitu vitamin larut air dan vitamin yang larut dalam lemak. Jika vitamin larut air terdiri dari vitamin C dan B kompleks, maka vitamin larut lemak terdiri dari vitamin A, D, E, dan K. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin yang diserap ke dalam tubuh melalui jaringan lemak. Vitamin larut lemak, tidak larut dalam air. Vitamin jenis ini jika dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi kandungan lemak maka penyerapannya akan lebih maksimal.
 
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat 4 jenis vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Setiap jenis vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda-beda berikut informasinya : 
 
1. Vitamin A
Vitamin yang larut dalam lemak pertama adalah vitamin A yang memiliki peran sangat penting dalam kesehatan mata.
 
Fungsi Vitamin A
Fungsi vitamin A bagi tubuh meliputi :
- Memelihara penglihatan
- Kekebalan tubuh
- Pertumbuhan tubuh
- Pertumbuhan rambut
- Menjaga kesuburan dan baik untuk perkembangan janin
 
Sumber Vitamin A
Sumber vitamin A berasal dari hewani seperti hati, mentega, dan minyak hati ikan. Sedangkan pada sumber nabati, terkandung provitamin A, yaitu karotenoid yang banyak terkandung dalam tanaman seperti wortel dan bayam.
 
2. Vitamin D
Vitamin yang larut dalam lemak kedua adalah vitamin D. vitamin ini memiliki peran dalam menjaga kesehatan dan perkembangan tulang. Vitamin larut lemak satu ini diproduksi oleh tubuh ketika tubuh terpapar sinar matahari.
 
Fungsi Vitamin D
Vitamin D yang diserap ke dalam aliran darah, hati, dan ginjal berubah dari kalsiferol menjadi kalsitriol. Senyawa ini merupakan bentuk aktif dari vitamin D. Fungsi vitamin D dalam tubuh adalah untuk perawatan tulang dan mendukung sistem kekebalan tubuh.
 
Sumber Vitamin D
Sumber terbaik vitamin D adalah berasal dari sinar matahari. Namun banyak orang yang kurang banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari sehingga kekurangan vitamin D. Beberapa sumber lain vitamin D bisa berasal dari makanan seperti minyak ikan, ikan berlemak, jamur yang terpapar sinar UV, dan produk susu yang diperkaya vitamin D.
 
3. Vitamin E
Vitamin E termasuk ke dalam vitamin yang dapat berperan sebagai antioksidan. Vitamin yang larut dalam lemak satu ini bekerja membantu menangkal radikal bebas sehingga mencegah berkembangnya kanker.
 
Fungsi Vitamin E
Fungsi vitamin E adalah sebagai antioksidan yang melindungi jaringan lemak dari radikal bebas. Kerja vitamin E dibantu oleh vitamin larut air seperti vitamin C dan B. Vitamin E juga memiliki fungsi sebagai pengencer darah jika diambil dalam dosis tinggi.
 
Sumber Vitamin E
Sumber vitamin E terbaik berasal dari makanan adalah seperti minyak biji gandum, biji bunga matahari, minyak bunga matahari, hazelnut, kacang almond, alpukat, selai kacang, margarin, dan minyak hati ikan.
 
4. Vitamin K
Vitamin K dibutuhkan ketika seseorang terluka, karena vitamin yang larut dalam lemak satu ini membantu pembentukan gumpalan darah.
 
Fungsi Vitamin K
Vitamin K memiliki fungsi utama yaitu membantu pembekuan darah. Fungsi lain dari vitamin K adalah seperti kesehatan tulang, mengurangi penumpukan kalsium dalam darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
 
Sumber Vitamin K
Vitamin K1 banyak terkandung dalam sayuran hijau, sedangkan vitamin K1 ditemukan dalam sumber hewani dan kedelai fermentasi. Sumber makanan untuk vitamin K1 dan vitamin K2 adalah seperti kale, hati, kuning telur, bayam, peterseli, dan mentega.
 
Mengonsumsi vitamin tentu baik untuk tubuh, tetapi selalu perhatikan dosis dan fungsinya. Ada baiknya mengkonsumsi vitamin secukupnya, agar tidak menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi secara berlebihan. Tidak seperti vitamin larut air yang tidak disimpan di tubuh, vitamin yang larut dalam lemak diserap ke dalam tubuh, kemudian disimpan dalam jaringan lemak dan hati. Maka dari itu vitamin yang larut dalam lemak memiliki banyak fungsi dan berasal dari berbagai sumber makanan bergizi dan sehat. Yuk selalu jaga kesehatan ya!
 

Kembali ke daftar berita >