Ketahui 10 Fakta Menarik Tentang Imlek

Perayaan Tahun Baru Cina (Imlek) sebentar lagi akan dirayakan pada tanggal 25 Januari 2020. Tahun Baru Cina identik dengan warna merah dan adanya symbol keberuntungan.

Selain itu, ada 10 fakta menarik yang jarang diketahui orang banyak perihal Imlek, berikut infonya :

1. Xin Nian Kuai Le adalah Ungkapan Tahun Baru Cina
Secara harfiah "Xin Nian Kuai Le" mempunyai arti Selamat Tahun Baru. Kebanyakan orang sudah terekam mengucapkan "Gong Xi Fa Cai" dibanding kalimat "Xin Nian Kuai Le". Faktor ini karena di masyarakat Hongkong dan daerah berbahasan Kanton lebih mengungkapkan "Gong Xi Fa Cai" melambangkan keberuntungan di tahun baru.

2. Imlek Dikenal Dengan Nama Lain Festival Musim Semi
Walaupun perayaan Imlek masih dalam musim dingin, namun momen tahun baru ini biasanya selalu disebut Festival Musim Semi karena menandai musim dingin yang akan segera berakhir dan digantikan musim semi. Kebanyakan di negara Asia, Cina juga merayakan musim semi karena musim panen dan menjadi awal yang baru dalam kehidupan

3. Membuat Batangan Emas dan Membakar Uang Palsu Untuk Menghormati Roh Leluhur
Malam perayaan tahun baru sanak keluarga membuat batangan emas serta membakar uang kertas palsu menjadi bukti tanda hormat hingga rasa cinta pada setiap mendiang anggota keluarga.

4. Angpao Sebagai Simbol Mentransfer Keberuntungan
Menjadi ciri khas saat perayaan Imlek, Angpao sebagai simbol yang mampu mentransfer keberuntungan kepada orang yang menerimannya bukan hanya sebatas berbagi rejeki saja ya.

5. ‘Nian’ Datang di Setiap Malam Perayaan Imlek Menurut Mitos Kuno
‘Nian’ (monster) akan muncul saat malam perayaan Imlek jadi membuat orang-orang lebih memilih berdiam diri bersama keluarga menurut legenda. Namun dalam legenda itu ada seorang bocah laki-laki berjiwa besar berhasil melawan monster itu dengan kembang api. Hal ini membuat hingga sekarang menjadi tradisi menyalakan kembang api masih dipertahankan yang dipercaya mampu mengusir energi jahat.

6. Menjadi Momen Libur Nasional Terpanjang di Negara Cina
Karena menjadi libur nasional terpanjang, masyarakat mempersiapkan sebulan sebelumnya. Dimana Festival Musim Semi kurang lebih 15 hari peryaan dan festival lain datang berdekatan sehingga total libur selama 40 hari dan banyak toko tutup.

7. Menyebabkan Arus Migrasi Terbesar di Dunia
Festival Musim Semi menjadi arus migrasi terbesar di dunia karena pada pergantian tahun momen tradisi pulang ke kampung halaman berkumpul bersama keluarga. Kita ketahui bahwa populasi negara Cina merupakan salah satu negera yang memiliki populasi terbesar di dunia.

8. Pelarangan Kegiatan Pembersihan Diri dan Rumah Agar Menjaga Keberuntungan
Ada sebuah mitos yang dipercaya saat perayaan Imlek yaitu larangan mandi, keramas, ataupun menyapu rumah agar keberuntungan tetap terjaga. Sedangkan ada di sisi lain ada sebuah ritual pembersihan diri tepatnya sebelum mengawali Festival Musim Semi

9. Para Lajang di Cina Menyewa Pria/Wanita Untuk Mendampingi Dibawa ke Keluarga
Momen kumpul keluarga menjadi kegiatan kurang disukai bagi para jomblo yang sudah berada di usia matang dan siap menikah. Sudah pasti tahu dong, pertanyaan yang ditujukan kepada jomblo itu apa? Yups kapan menikah.

Dalam budaya Cina memiliki anak dan mewariskan nama keluarga menjadi salah satu bagian terpenting sehingga para jomblo di Cina menyewa pria ataupun wanita untuk dijadikan pasangan palsu. Lucu banget ya guys..

10. Festival Lampion Menjadi Berakhirnya Perayaan Tahun Baru Cina
Zaman kuno seorang anak perempuan tidak diizinkan menjelajah di luar sendirian, namun festival lampion ini membuat mereka bisa berjalan berkeliling memandangi bulan dan lentera indah. Di negara Cina festival lampion dikenal Hari Valentine masyarakat sekitar.

Menarik sekali 10 fakta ini tentang Imlek yang mungkin sebagian besar banyak orang merayakan perayaan Tahun Baru Cina belum mengetahui.

Sumber : IDN Times

Kembali ke daftar berita >