Jangan Lupa Rawat Rutin Mobil Anda

Mobil adalah sarana transportasi yang rutin digunakan dalam kegiatan atau aktifitas sehari-hari, melindungi dari panas, hujan, dan memudahkan kita pergi kemana saja yang kita inginkan. Pada jaman sekarang mobil bukan lagi barang mewah lagi karena sudah mudah untuk mendapatkannya. Mobil juga membantu kita yang memiliki mobilitas tinggi dalam menyelesaikan pekerjaan, urusan bisnis, bahkan urusan pribadi sekalipun.

Sarana transportasi ini yang menjadi alat penolong menyelesaikan pekerjaan dan urusan pribadi kita harus mendapatkan perhatian untuk perawatan, dikarenakan mobil memiliki pendukung supaya bisa bergerak yaitu mesin.

Mesin mobil merupakan bagian penting yang benar-benar harus dirawat serta dijaga kebugaran performanya. Perawatan rutin dan berkala menjadi kunci utama agar mobil yang kita miliki berjalan dengan baik dan nyaman saat digunakan. Mesin mobil merupakan nyawa, bila kita tidak bisa menjaga dan merawat maka mobil yang kta punya cepat mengalami kerusakan. Sering kita mendengar banyak kasus kecelakaan yang terjadi dan sebagian besar karena kelalaian pemiliki mobil dalam menjaga dan melakukan perawatan mobil secara rutin seperti rem blong, kopling mobil, mesin mobil, suspensi ,oli, ban mobil, dan lain sebagainya.

Semoga anda tidak dan jangan sampai mengalami kejadian seperti ini ya...

Jangan takut dan panik, kita akan beri cara melakukan perawatan mobil untuk mendapatakan mesin mobil yang prima dan kompenen yang terjaga dan awet tahan lama.

Ganti Oli
Lakukan mengganti oli kendaraan mobil anda secara rutin setiap penggunaan berjarak 3000-5000 km untuk mencegah kerusakan pada mesin mobil kita agar tetap awet dan nyaman sewaktu dugunakan.

Periksa Ban
Saat ingin berpergian menggunakan mobil berikan waktu anda untuk memeriksa kesehatan ban seperti tekanan angin dan ketebalan ban agar terhindar dari kerusakan ataupun kecelakaan akibat kurang tekanan maupun ban bocor saat di jalan.

Periksa Minyak Pelumas
Ada beberapa bagian penting yang perlu diperiksa secara berkala dan rutin antara lain power sterering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi yang berfungsi melancarkan komponen mobil saat dipakai.

Knalpot
Komponen mobil yang menjadi saluran pembuangan emisi kendaraan dan pastikan tidak tersumbat agar memiliki aliran udara dengan baik.

Baterai dan Kabel
Lakukan pemeriksaan berkala bagian koneksi untuk korosi serta rajin-rajin periksa cairan baterai.

Sabuk Mesin
Bagian penting untuk diperiksa sebelum menggunakan mobil, periksa sabuk mesin pada setiap knicks terikat dengan bener sesuai pada tempatnya agar terhindar dari kerusakan fatal.

Lampu Mobil
Merupakan bagian sangat pentng juga untuk sebuah kendaraan seperti mata pada manusia. Lampu mobil menjadi ala penerangan saat berkendara di jalan, oleh sebab itu harus memastikan lampu depan dan belakang masih dapat beroperasi, bila penerangannya sudah mulai redup serta mengalami kerusakan segera mengganti.

Wiper
Komponen yang memerlukan pemeriksaan secara rutin dan dijaga agar kaca mobil tetap bersih dan bening agar pandangan tidak terhalang debu atau semacamnya

Perawatan mobil menjadi tanggung jawab khusus untuk kita yang memiliki, karena tekadang mobil bisa menjadi rumah kedua kita. Jadi sangatlah penting perawatan mobil dilakukan secara rutin dan berkala agar kita mendaparkan kenyamanan saat berkendara dan menggunakannya.

Kembali ke daftar berita >