Inilah Waktu Yang Benar Mengganti Minyak Rem

Rem adalah sebuah alat yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda saat berjalan dan membantu untuk saat parkir pada tempat menurun. Alat ini sangat penting dan merupakan alat vital pada kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai alat keselamatan pengendara.

Kinerja rem berjalan baik karena adanya dukungan dari pelumas atau minyak rem pada kendaraan bermotor seperti mobil, motor, truck, dan lain-lain. Minyak rem pada kendaraan mempunyai tanggung jawab besar karena apabila minyak rem sudah habis maka bahaya sedang mengintai kita.

Oleh sebab itu setiap pengendara harus memahami bagian vital yang satu ini. Seringkali mengabaikan fungsi dan mengganti minyak rem pada kendaraan. Karena banyak pengemudi tidak paham akan gejala saat minyak rem berkurang ataupun harus diganti.

Pertanyaan yang muncul kenapa dan kapan sih minyak rem harus diganti? Iya pasti akan muncul pertanyaan seperti itu, jawabannya karena untuk perawatan serta agar performa pengereman kendaraan tetap baik. Waktu yang tepat mengganti minyak rem secara menyeluruh pada kendaraan idealnya dilakukan antara 20 rbu km sampai 50 ribu km.

Bila kita mengganti minyak rem lama secara otomatis membuang air dan kotoran dari sistem pengereman karena kandungan air tersebut dapat mengakibatkan karat pada kaliper dan piston rem. Minyak rem baru membuat sistem kembali bekerja optimal sehingga aman dalam pengereman berat.

Minyak rem ternyata mampu menyerap uap air dari lingkungan karenan kelembaban wilayah tropis yang mencapai lebih dari 60%. Satu hal yang sangat perlu diingat ketika kita mengganti atau menguras minyak rem, segera tutup tabung silinder master rem karena air dapat terbentuk di dalam saluran dan kaliper akibat kondensasi sehingga menyebabkan sistem rem menjadi keras atau terjadi karat.

Setelah mengetahui kapan waktu ideal untuk mengganti minyak rem kendaraan, coba cek kembali apakah kendaraan yang anda punya sudah harus mengganti minyak rem. Bila sudah waktunya diganti segera lakukan pergantian dan menguras minyak rem agar sistem pengereman kendaraan anda dapat berjalan dengan baik.

Kembali ke daftar berita >