Inilah Cara Kembalikan Performa Prima Motor Usai Mudik

Mudik Lebaran ke kampung halaman sewaktu liburan panjang bersilahturahmi dengan keluarga menggunakan kendaraan pribadi mengukir sebuah cerita tersendiri. Pengalaman manis maupun pahit mengisi lembaran sejarah kendaraan pribadi anda.

Perjalanan yang sangat jauh ke kampung halaman membuat mesin kendaraan anda bekerja menjadi lebih keras. Oleh karena itu jangan melupakan kondisi kendaraan anda, agar tetap prima untuk menunjang kegiatan sehari-hari setelah mudik. Alangkah baiknya kembali melakukan pemeriksaan, perbaikan, bahkan mengganti komponen-komponen tertentu.

Pemeriksaan motor wajib dilakukan setelah perjalanan mudik yang menempuh hingga ratusan kilometer karena bagian vital pada kendaraan anda bekerja secara ekstra keras.

Berikut kompenen-komponen vital yang wajib dicermati, dipebaiki, bahkan diganti yaitu :

1. Pelumas atau oli
Pelumas atau yang sering kita sebut oli merupakan komponen vital dalam di setiap kendaraan motor. Zat ini tidak hanya melumasi bagian per bagian dari mesin kendaraan agar berputar dengan benar juga menjaga suhu tetap stabil sehingga tidak mengalami overheat.

2. Rem
Komponen yang tak kalah penting untuk mendapatkan perhatian pasca mudik. Pemeriksaan dimulai dari setelan tingkat ketegangan rem, ketinggian pedal, kanvas, hingga tuas (rem bagian depan)

3. Kopling
Perjalanan jarak jauh saat mudik kerap dinaungi oleh kemacetan parah sehingga memaksa para pengendara berganti posisi porseneling gigi. Saat seperti itu peranti ini bekerja ekstra yang mampu berpontensi bermasalah. Untuk mengetahui kondisi kopling sudah tidak berfungsi dengan baik dengan merasakan gejala tenaga loyo walaupun anda menginjak gas kuat-kuat.

4. Karburator atau injektor
Komponen yang berfungsi menyemburkan bahan bakar ke mesin. Ada kemungkinan setelan bagian dalam kaburator atau injektor berubah menjadi sangat tinggi sehingga membuat loyo karena semburan bahan bakar berkurang dengan kata lain menjadi boros.

5. Katup
Pemeriksaan peranti ini biasanya seiring dengan pengecekan karburator atau injektor untuk memastikan tingkat kerenggangan katup. Bila katup terlalu rapat dapat menyebabkan proses pembakaran di ruang bakar mesin tidak bekerja dengan baik atau sempurna yang mengakibatkan tenaga motor loyo.

6. CVT (Continously Variable Transmission)
Komponen penggerak utama kendaraan motor yang menggunakan skuter otomatis (matic). Menempuh jarak ratusan kilometer ditambah dengan kemacetan yang dihadapi kemungkinan bagian ini terjadi masalah cukup tinggi. Bagian CVT yang wajib diperiksa diantaranya roller, v-belt, serta kopling otomatis. Bila terjadi kerusakan dapat merembet ke bagian-bagian lainnya, alhasil anda harus merogoh kocek dalam-dalam.

7. Kaki-kaki
Bagian kaki-kaki yang meliputi shockbreaker, laker, velg, jari-jari velg merupakan penunjang kenyamanan saat berkendara. Selama mudik tentunya anda mendapati jalanan yang memiliki konstruksi berbeda-beda setiap daerah sehingga ada kemungkinan mengalami masalah pada bagian ini cukup tinggi. Harus melakukan pemeriksaan dan pengaturan kembali.

8. Pengapian dan kabel kelistrikan
Kedua bagian ini sering dianggap remeh oleh setiap pengendara dikarenakan memiliki daya tahan dan usia pakai yang lama.
Sistem pengapaian terutama busi kerap luput padahal komponen ini bekerja tiada henti memantikan api sepanjang motor melaju menempuh perjalanan jauh, bila tidak mendapatkan perhatian mampu menurunkan performa motor anda.
Sedangkan bagian lain yang wajib diperiksa adalah kabel sistem kelistrikan motor, bila bagian ini terganggu dapat menimbulkan persoalan serius. Oleh karena itu pastikan kabel aki, kabel kunci kontak, lampu, dan lain-lainnya berfungsi baik.

Itulah komponen-komponen kendaraan motor anda yang wajib dilakukan pemeriksaan, perbaikan, hingga melakukan pergantian setelah menempuh perjalan mudik ke kampung halaman. Agar motor anda kembali pada performa yang prima, aman, serta nyaman dipakai kegiatan sehari-hari.

Kembali ke daftar berita >