Inilah Alasan Tepat Memilih Rumah Minimalis

Dalam kurung waktu satu dekade ini eksistensi rumah model minimalis menjadi pujaan dan bertahan hingga kini. Hingga saat ini gaya hunian minimalis semakin digemari oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ada kemungkinan hal ini terjadi karena gaya hunian minimalis tidak membutuhkan tanah yang luas namun layak menjadi tempat tinggal. Seperti kita ketahui saat ini membutuhkan bidang tanah yang luas sangat susah dan terbilang mempunyai harga yang mahal sekali, apalagi di kota jakarta sesuatu yang mustahil untuk mendapatkannya.

Faktor inilah yang menjadi terobosan membuat rumah dengan bergaya hunian minimalis. Namun sebagian orang berfikir rumah dengan konsep minimalis hanya karena pertimbangan estetikanya dan indah dipandang mata saja. Terkesan tidak mempunyai fungsi layaknya sebagai hunian.

Ternyata desain hunian minimalis dibuat bukan tanpa fungsi loh, mari kita lihat alasan memilih konsep rumah bergaya minimalis.

1. Lebih Sehat
Dalam hunian minimalis mempunyai ciri utama simple dan clean, umumnya hanya menggunakan sedikit elemen dekoratif. Dalam memperkuat karakter hunian dengan berupa garis-garis tegas dan cenderung memiliki banyak bukaan pada setiap ruang hingga terlihat lebih lega. Banyaknya bukaan ruang (ventilasi) membuat hunian lebih terang dan yang pasti membuat sirkulasi udara berjalan sangat baik.

Jika sebuah hunian mendapatkan pencahayaan terang, sirkulasi udara yang baik, serta ruang gerak yang banyak maka akan menciptakan energi positif untuk penghuninya. Dengan memiliki energi yang positif akan menghasilkan hingga meningkatkan kebugaran dan kesehatan anda.

2. Meminimalisir Debu dan Kotoran
Desain tempat tinggal anda akan sangat mempengaruhi seberapa besar kemungkinan rumah anda kotor. Semakin rumit desainnya akan semakin mengundang debu dan kotoran masuk ke dalam rumah bersarang ke bagian-bagian tersembunyi.

Konsep desain yang simple secara tidak langsung untuk menimalisasi debu dan kotoran menempel pada perabotan hingga bagian-bagian dalam ruang rumah. Minimalis juga tidak membutuhkan perawatan khusus, karena saat melakukan pembersihan cukup praktis dan mudah.

3. Berbentuk Sederhana Hingga Menenangkan
Sebagian orang menganggap bosan dengan bentuk-bentuk geometris yang didasari estetika pada gaya hunian minimalis. Namun bentuk tersebut tidak membawa banyak stimulus ke otak dan membuat anda jauh lebih tenang karena otak tidak bekerja lebih berat.

4. Relaksasi dan Warna
Terang dan sederhana merupakan kecenderungan desain hunian minimalis. Warna yang digunakan ialah warna-warna netral, sepertii putih, hitam, dan abu-abu sebagai warna dasar sedangkan untuk warna-warna terang digunakan sebagai aksen.

Warna-warna yang terbaik dari rumah minimalis didapat dari cahaya yang masuk celah jendela besar sehingga membuat penghuni merasa relaks dan nyaman.

Demikian beberapa alasan untuk memilih hunian dengan menggunakan konsep minimalis. Tidak hanya sederhana namun dibalik itu mempunyai fungsi yang sangat bermanfaat untuk penghuni. Semoga penjelasan diatas dapat memberikan informasi bermanfaat untuk anda.

Kembali ke daftar berita >