Ini Penyebab Kenapa Ban Kendaraan Kamu Mengempis

Ban kendaraan kamu tiba-tiba mengempis padahal tidak ada yang bocor, itu karena factor jarang digunakan. Penyusutan terjadi karena ban kendaraan kamu baik itu mobil ataupun motor diparkir dan ban menyentuh alas semen atau keramik.

Hal tersebut berkaitan dengan suhu luar ruangan, saat suhu luar turun makan membuat udara dalam ban ikut menyusut sehingga tekanan pada ban berkurang.

Selain dari faktor suhu luar ruangan yang sangat berpengaruh terhadap tekanan ban karena ban terbuat dari karet, ternyata ban juga memiliki pori-pori. Nah saat bersentuhan dengan keramik ataupun semen, pori-pori ban akan terbuka.

Demi mencegah ban kendaraan kamu tidak mengempis atau dengan kata lain adanya penyusutan tekanan udara harus memarkirkan kendaraan tidak di lantai dingin. Karena hal tersebut yang membuat ban mobil dan motor kamu kempis.

Kamu juga bisa mengakalinya udara dalam ban kendaraan dengan menggunakan nitrogen. Karena nitrogen memiliki molekul udara yang lebih besar serta nitrogen mempunyai keunggulan lebih stabil sehingga tidak mudah menyusut saat udara dingin dan memuai saat panas.

Hal yang tidak boleh kamu lupakan juga tekanan ban kendaraan sesuai dengan direkomendasikan. Jangan lupa jika ingin menggunakan kendaraan ke luar harus selalu cek terlebih dahulu tekanan ban agar hal-hal buruk tidak terjadi. Jangan lupa untuk proteksi kendaraanmu juga ya dengan asuransi pilihanmu.

Stay safe and healthy ya

Sumber : Kompas.com

Kembali ke daftar berita >