Hindari Gangguan Pencernaan, Yuk Ikuti Tips Puasa Berikut Ini!

Menjalani ibadah puasa tentu menyenangkan jika dijalani dengan sepenuh hati, karena puasa memiliki beragam manfaat baik dari segi jasmani maupun rohani. Dari segi jasmani, selama puasa sistem pencernaan memiliki waktu untuk beristirahat sejenak. Namun, tidak ada salahnya menghindari gangguan pencernaan, agar puasa berjalan dengan lancar. Yuk ikuti beberapa tips puasa yang dapat terhindar dari gangguan pencernaan!

1. Hindari berbuka dengan gorengan dan minuman tinggi gula
Tips yang pertama adalah hindari makanan seperti gorengan dan minuman tinggi gula. Meskipun berbuka tampaknya begitu nikmat dengan minuman manis apalagi ditambah setumpuk gorengan. Akan tetapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan tsb akan membuat sistem pencernaan terganggu seperti sembelit dan masalah pencernaan lain. Nah untuk menggantikan gorengan dan minuman tinggi gula tersebut bisa diganti dengan aneka buah segar.

2. Kontrol porsi makan selama sahur dan berbuka
Kontrol porsi makan dengan baik seperti dengan mengonsumsi makanan dengan zat gizi dan porsi makan yang seimbang. Karbohidrat, protein, serat, bahkan lemak tentu sangat diperlukan tubuh untuk tetap sehat selama Ramadan. Dengan mengontrol porsi makan tetap seimbang, Anda dapat menghindari terjadinya gangguan pencernaan; seperti maag dan GERD atau asam lambung yang sering terjadi saat berpuasa.

3. Perbanyak buah dan sayur
Tips berikutnya jangan lupa perbanyak buah dan sayur ya. Tidak jarang beberapa orang mengeluh sembelit atau susah BAB selama puasa. Biasanya karena terlalu banyak mengkonsumsi gorengan sehingga tidak ada asupan serat. Agar sistem pencernaan lancar, perbanyaklah makan buah dan sayur seperti nanas, pepaya, jeruk, wortel dan sayuran berdaun hijau gelap yang tinggi serat dan kaya akan antioksidan.

4. Perhatikan asupan cairan tubuh
Meskipun menahan lapar dan juga haus saat berpuasa. Jangan lupa perhatikan asupan cairan tubuh! Berpuasa selama 12 jam membuat cairan tubuh berkurang. Untuk mengatasinya, minum air putih yang cukup selama sahur dan berbuka. 

5. Konsumsi karbohidrat kompleks
Tips puasa yang terhindar dari gangguan pencernaan berikutnya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, atau gandum. Nasi merah cenderung lebih sehat daripada nasi putih karena kandungan glukosa nya lebih rendah. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi oatmeal atau gandum yang kaya akan serat dan dapat membuat kenyang lebih lama.

Nah itu dia beberapa tips untuk kalian yang sedang menjalani puasa, agar selalu sehat serta terhindar dari gangguan pencernaan. Berbuka dan sahur bersama keluarga inti juga menjadi salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 juga loh! Semoga dapat menjadi acuan kalian untuk berbuka puasa ya~

Sumber: https://www.lifebuoy.co.id

Kembali ke daftar berita >