Filosofi Angpao Saat Perayaan Imlek

Angpao bisa jadi hal yang paling ditunggu oleh anak-anak saat perayaan Imlek. Tradisi memberi uang di Tahun Baru China memang telah lama dilakukan dan bahkan menyebar ke tradisi perayaan lain. Biasanya angpao diberikan oleh orangtua untuk anak-anaknya sebagai hadiah tahun baru Imlek. Tak hanya orangtua, anggota keluarga yang lebih tua seperti kakek-nenek atau paman-bibi juga berhak memberikan angpao kepada anak-anaknya.

Angpao sendiri merupakan pelafalan dari bahasa Hokkien dari kata ang pow. Sedangkan dalam kosa kata bahasa Mandarin, angpao disebut dengan hongbao (红匿), yang berarti amplop merah.

Selain identik dengan warna merah, angpao juga memiliki makna filosofi transfer kesejahteraan atau energi. Konon dalam tradisi Tionghoa juga mengenal pemberian angpao yang diberikan tujuh hari menjelang Imlek dan disebut sebagai Hari Persaudaraan dan sebagai simbol untuk membantu sesama kepada yang tak mampu merayakan Imlek.

Hal menarik lainnya adalah dalam tradisi memberikan angpao adalah ada nya peraturan tidak tertulis yaitu sebelum menerima angpao, anak - anak mengucapkan selamat tahun baru dengan membungkus kepalan tangan kanan dengan tangan kiri, sebab tangan kanan berkesan agresif.

Perayaan Imlek selain merupakan tradisi namun menjadi warisan budaya penuh makna suka cita.

Selamat Hari Raya Imlek.

Sumber : kompastravel

Kembali ke daftar berita >