Fakta Menarik Tentang Gunung Merapi yang Perlu Kamu Ketahui

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, yang berada di Yogyakarta, salah satu bagian di pulau Jawa. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang sangat terkenal  dan juga merupakan salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang ini. Namun, ada beberapa fakta tentang gunung Merapi yang tidak diketahui oleh banyak orang. Simak dulu fakta-faktanya!

1. Nama "merapi" berasal dari "meru" alias gunung dan "api"
Sangat jelas melalui namanya, gunung Merapi berartikan berartikan gunung api. Terlihat saja dari namanya, gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang masih aktif sampai saat ini.

2. Memiliki siklus letusan sekitar 5 tahun.
Gunung Merapi merupakan gunung yang paling aktif di Indonesia, terlihat dari siklus meletusnya gunung Merapi, tercatat pada tahun 2006, 2010, 2018, sampai dengan tahun 2020.

3. Puncak Garuda menghilang
Puncak garuda yang ada pada ketinggian 2980m telah menghilang akibat tergerus saat terjadinya erupsi gunung Merapi tahun 2010. Padahal, puncak garuda sebelumnya selalu menjadi kebanggaan para pendaki yang telah berhasil mencapai pada puncak tersebut.

4. Tidak ada sumber air di jalur pendakian.
Gunung merapi tidak memiliki sumber air di jalur pendakian, sehingga para pendaki harus selalu membawa persediaan air setiap mendaki ke gunung Merapi ini.

Ternyata gunung Merapi sangat unik, bukan? Namun, melihat fakta nomor 2 bahwa merapi memiliki siklus letusan yang cukup sering, Anda harus selalu berwaspada melindungi properti dan rumah Anda akibat letusan gunung berapi.

Asuransi Sinar Mas memiliki produk unggulan yaitu Simas Gempa Bumi yang menjamin gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran dan ledakan yang mengikuti terjadinya gempa bumi dan letusan gunung berapi, serta tsunami.

Selain pembelian asuransi, pengajuan klaim, cek progress klaim juga dapat diakses melalui Mobile Application Asuransi Sinar Mas Online. Cek juga layanan lainnya seperti diskon Simas Poin, konsultasi gratis dengan dokter simas sehat, cek kesehatan online, cek rumah sakit provider serta berbagai tips kesehatan.

Kembali ke daftar berita >