Deteksi Dini Kanker Payudara dan Pencegahannya bersama Asuransi Sinar Mas

Jakarta - PT. Asuransi Sinar Mas (ASM) memperingati Hari Kartini pada hari Jumat 21 April 2017 di Ballroom Plaza Simas, Jakarta Pusat dengan mengadakan bazar dan seminar kesehatan dengan tema “Deteksi Dini Kanker Payudara dan Pencegahannya.”

Acara yang diadakan oleh Culture Division ASM berjalan sangat meriah, dimulai dengan bazar yang diikuti karyawan Asuransi Sinar Mas yang memiliki usaha sampingan. Pada sore harinya dilakukan seminar kesehatan dengan judul Deteksi Dini Kanker Payudara dan Pencegahannya dengan pembicara dr. Diana Paramita, SpPD - KHOM dari RS Siloam Karawaci

Sebelum mengetahui cara mendeteksi dan mencegah kanker payudara, alangkah lebih baiknya kita mengetahui kanker itu sendiri. Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker yang dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga menyebabkan kematian.

Kanker memiliki banyak jenis seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker pita suara, dan lain-lainnya. Pada health talk kali ini kita fokus pada kanker payudara, bagaimana cara mendeteksi dan mencegah kanker tersebut. Kanker payudara adalah pertrumbuhan sel-sel abnormal secara tidak terkontrol pada kelenjar dan jaringan payudara.

Ternyata dalam satu tahun di negara kita bisa mencapai 500 kasus dan hampir dari setengahnya meninggal dunia. Faktor yang sangat mempengaruhi terkena kanker payudara diantaranya lingkungan, pola hidup, dan genetik.

Tipe-tipe kanker payudara itu sendiri terdiri dari endokrin reseptor positif, HER2 positif, Tiga Negatif, dan Tiga Positif atau positif yang ada reseptor estrogen, progesteron dan HER2. Dari tipe-tipe inilah yang menjadi kunci utama dokter untuk menangani secara tepat setiap pasien yang terkena kanker payudara.

Semua tipe kanker payudara memiliki tanda-tanda yang terjadi seperti kulit payudara mengeras, terdapat cekungan lesung pipi pada payudara, kulit mengelupas, tumbuh gumpalan seperti daging, nipel masuk, dan tanda lainnya. Waktu yang tepat untuk mengecek untuk tanda-tanda kanker payudara yaitu 7-10 hari setelah menstruasi dengan melakukan langkah-langkah SADARI yaitu

  1. Berdiri tegak, cermati bila ada perubahan pada bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan atau perubahan pada puting. Jangan khawatir bila bentuk payudara kanan dan kiri tidak simetris
  2. Angkat kedua lengan ke atas, tekuk siku dan posisikan tangan di belakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukuran payudara sehingga otot dada dengan sendirinya berkontraksi saat melakukan pergerakan ini.
  3. Posisikan kedua tangan pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan sehingga payudara menggantung dan dorong kedua siku ke depan lalu kencangkan otot dada anda.
  4. Angkat lengan kiri ke atas, tekuk siki sehingga tangan kiri memegang bagian atas punggung. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan meraba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ketiak. Lakukan gerakan atas-bawah, gerakan lingkaran dan gerakan lurus dari tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan ini pada payudara sebelahnya.
  5. Cubit kedua puting, lihat bila ada cairan yang keluar dari puting payudara anda, segera berkonsultasikan ke dokter kalau hal itu terjadi
  6. Pada posisi tiduran, letakkan bantal di bawah pundak kanan lalu angkat lengan ke atas cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya. Dengan menggunakan ujung jari tekan seluruh bagian payudara hingga sekitar ketiak. Ulangi langkah ini pada sisi yang berlawanan untuk mencermati payudara sebelah kiri.

Pastinya kita semua tidak mau terkena kanker payudara dan ternyata tidak hanya wanita saja yang dapat terkena kanker payudara tetapi pria pun bisa terkena penyakit ini. Untuk itu mari kita bisa mencegahnya sejak dini. Cara pencegahan kanker payudara yaitu dengan :

  • Mempertahankan berat badan ideal
  • Aktif berolahraga
  • Konsumsi makanan sehat

Pola hidup sehat menjadi kunci utama untuk kita mencegah segala penyakit masuk dalam tubuh kita. Mari kita sadar dan melakukan deteksi sejak dini, bila mendapatkan tanda-tanda khas dari kanker payudara segera pergi ke dokter agar tidak terlambat dan segera diobati. Diakhir acara memperingati Hari Kartini, Culture Division mengumumkan pemenang kompetisi bertemakan “Inspiring Women” untuk karyawan Asuransi Sinar Mas.

Kembali ke daftar berita >