Cara Ampuh Hindari Nyamuk Bandel Selama Musim Hujan

Musim hujan selalu identik dengan banyak nyamuk. Musim hujan bisa membuat lingkungan di sekitar rumah kita jadi lembab, serta banyaknya genangan air akibat hujan yang menjadi tempat paling disukai oleh nyamuk untuk berkembang biak. Hal ini dapat mengganggu dan membuat aktivitas tidak nyaman.

 

Yuk, ikuti tips hadapi nyamuk bandel saat musim hujan!

 

1. Membuat nyamuk dari air lemon

Air lemon diketahui mengandung zat antiseptik yang dibenci oleh nyamuk. Jadi jika Anda sering menyemprotkan air lemon ke sudut-sudut dan bagian rumah yang menjadi sarang nyamuk, maka nyamuk akan lebih cepat kabur.

Cara membuatnya mudah. Anda bisa memeras beberapa buah lemon, lalu memasukkan air perasan tersebut ke dalam botol semprotan. Selanjutnya, gunakan air semprotan ini untuk membasmi nyamuk.

 

2. Gunakan Kapur Barus di Sudut Rumah

Anda bisa menggunakan kapur barus ini untuk ditempatkan di sudut-sudut rumah untuk mengusir nyamuk. Atau Anda juga bisa menghaluskan kapur barus menjadi serbuk dan dimasukkan ke dalam wadah. Taruh wadah tersebut di sudut rumah yang sering menjadi tempat nyamuk berkembang biak.

 

3. Buang barang yang tidak penting

Saluran air dan selokan yang tertimbun kotoran bisa membuat air susah mengalir dan menjadi lingkungan yang sempurna untuk tempat perkembangbiakan nyamuk. Maka itu, jangan malas untuk membersihkan saluran dan selokan air demi kebersihan lingkungan dan kesehatan diri kita.

 

4. Bersihkan kolam

Jika Anda memiliki kolam di dalam rumah, pastikan kolam tersebut selalu bersih dan bebas kotoran. Nyamuk sangat suka lingkungan kotor dan tergenang air. Jadi, bersihkan filter kolam sesering mungkin untuk mencegah nyamuk bertelur. Untuk air yang menumpuk di kolam ikan atau parit, gunakan perangkap nyamuk agar larva nyamuk mati.

 

5. Hindari genangan air

Semua jenis nyamuk selalu bertelur di genangan air. Jadi, langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah menyingkirkan genangan air.

 

Buanglah genangan air di berbagai benda, seperti tempat minum binatang, vas berisi air, atau ember yang masih terdapat sisa air. Telur nyamuk hanya butuh waktu delapan hingga sepuluh hari untuk berubah menjadi nyamuk dewasa.

 

Terapkan cara-cara di atas, hindari nyamuk-nyamuk bandel di rumahmu!

Kembali ke daftar berita >