Berikut Makanan Yang Dapat Menghangatkan Tubuh

Memasuki musim hujan, tentu cuaca menjadi lebih dingin daripada biasanya. Tentu dalam cuaca tersebut, kita membutuhkan sesuatu yang bisa untuk menjaga kesehatan serta menghangatkan tubuh. Cara menghangatkan badan saat berada di cuaca dingin bukan hanya memakai pakaian tebal saja. Anda juga bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Selain itu, berikut cara menghangatkan tubuh dengan mengkonsumsi beberapa makanan, yaitu:

1. Teh atau kopi panas

Cara menghangatkan badan dari dalam adalah dengan minum kopi atau teh panas. Minuman panas yang menenangkan akan menghangatkan tubuh. Selain menghangatkan tubuh, tangan Anda juga akan semakin hangat karena memegang cangkir yang panas.

2. Makanan kaya vitamin B12 dan zat besi

Kekurangan vitamin B12 dan zat besi dapat menyebabkan Anda terkena anemia. Artinya, Anda memiliki terlalu sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga Anda pun merasa kedinginan. Anda bisa konsumsi ayam, telur, dan ikan untuk mendapat vitamin B12. Sedangkan zat besi bisa didapat dari unggas, makanan laut, buncis, serta sayuran berdaun hijau lainnya.

3. Makanan pedas

Makanan pedas akan membuat tubuh hangat dan berkeringat. Cara menghangatkan tubuh lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas akan membuat tubuh lebih hangat bahkan berkeringat. Namun bagi Anda yang memiliki masalah lambung seperti tukak lambung, sebaiknya batasi asupan pedas tersebut dan jaga kesehatan ya! 

4. Jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa jahe memiliki efek termogenik. Dalam jahe juga terdapat polifenol yang disebut ginerol yang bertanggung jawab atas peningkatan produksi adrenalin (epinefrin). Selain dalam bentuk kue jahe, Anda juga bisa minum wedang jahe panas atau juga dicampur dengan susu loh!

5. Protein dan lemak

Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, dan tubuh membutuhkan lapisan lemak tubuh yang berasal dari protein. Mengonsumsi kacang-kacangan, alpukat, salmon, biji-bijian, zaitun, atau telur rebus disarankan saat cuaca dingin. Meskipun tidak menghangatkan tubuh secara instan, tetapi makanan ini akan berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mulai siap sedia makanan dan minuman di rumah untuk menghangatkan tubuh. Tidak ada salahnya menghangatkan tubuh dari asupan ke dalam tubuh. Apalagi di situasi pandemi ini, tubuh rentan terkena penyakit. Jangan lupa untuk menyayangi diri dan keluarga Anda dengan asupan yang bergizi setiap harinya. Proteksi pun jangan sampai terlewatkan dengan Asuransi Kesehatan pilihanmu.

Sumber : Sehatq.com

Kembali ke daftar berita >